sign up SIGN UP search


kehamilan

Sempat Keguguran, Meghan Markle Kini Hamil Anak Kedua

Mutiara Putri Senin, 15 Feb 2021 11:58 WIB
CARA MEMBUAT SI KECIL TETAP BAHAGIA DI RUMAH SAJA
Family at home playing and teaching child girl how to draw. caption

Si kecil mungkin bosan jika harus terus belajar dari rumah ya, Bunda. Ada kemungkinan ia enggak enjoy dan kurang happy dengan apa yang dijalani saat ini.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi, mengatakan bahwa proses pertumbuhan si kecil termasuk dalam proses belajar nih, Bunda. Jadi, hal ini sangat tergantung pada kehangatan interaksi antara orang tuanya dan si kecil.

"Walaupun mungkin Bunda bukan seorang guru di sekolah, penting sekali agar bisa menjadi guru untuk si kecil di rumah. Kembalikan konsep bahwa orang tua sebagai guru pertama dan utama bagi si kecil," paparnya dalam acara Ikut Rayakan Hari Anak Nasional beberapa waktu lalu.


Anna menyarankan agar Bunda bisa kreatif selama si kecil belajar di rumah, nih. Bunda bisa mengombinasikan belajar dengan bermain. Kegiatan yang dilakukan ini bukan sekedar kegiatan spontan, namun direncanakan dengan target tertentu.

Misal target yang Bunda inginkan adalah untuk meningkatkan potensi si kecil dalam berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, supel, mandiri, dan percaya diri.

"Agar tujuannya tercapai, Bunda bisa memilih kegiatan yang sesuai dengan pilihan si kecil sehingga lebih menyenangkan, menyesuaikan waktu kegiatannya dengan rutinitasnya, juga konsisten mengulangi kegiatan sampai targetnya tercapai," ucap Anna.

(mua/kuy)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi