sign up SIGN UP search


kehamilan

Memulai Kembali Hubungan Seks Pasca Keguguran, Tetap Butuh Waktu ya Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 20:50 WIB
Nice-looking attractive lovely charming cute sweet cheerful guy lady sitting on couch sofa having fun time discussing news in light white style interior house indoors living room. caption

Jakarta - Dapat dipahami jika Bunda merasa sangat terpuruk setelah mengalami keguguran. Sebab, tidak ada satu pun manusia yang bisa serta merta menerima begitu saja sebuah kehilangan.

Rasa terpuruk ini biasanya menyebabkan berubahnya beberapa hal dalam kehidupan Bunda ya. Misalnya Bunda jadi lebih sering sedih berkepanjangan atau menyalahkan diri sendiri.

Tidak mengapa, Bunda. Dominasi perasaan campur aduk yang kadang sulit dijelaskan memang respons alami psikis Bunda atas kehilangan yang terjadi.


"Pasangan, terutama wanita, mengalami banyak stres dan trauma setelah keguguran. Keguguran menguras suami-istri, baik secara fisik maupun emosional,” jelas Stacy A Henigsman, Obstetri dan Ginekolog dari California, pada laman Medicalnewstoday. 
 
Untuk itu, dapat dimengerti ya jika Bunda dan Ayah dalam kondisi sama sedihnya dengan keguguran yang terjadi. Lantas bagaimana sebaiknya melanjutkan kehidupan romantisme Bunda dan pasangan? Simak terus ya, Bunda. 

Banner Resep Budget Rp30 RibuResep Budget Rp30 Ribu/ Foto: Annisa Shofia

Beri waktu untuk mencerna keadaan

Bukan hanya makanan yang butuh proses pencernaan di dalam tubuh, Bunda. Perasaan juga sama. Bunda tidak bisa memaksa diri untuk langsung menerima kenyataan dan seolah baik-baik saja. Sama halnya makanan jika kita telan langsung tanpa kunyah, akan berdampak buruk pada organ tubuh yang lain.

Begitu pun dengan perasaan kita, jika dipaksa menerima keadaan tanpa pemaknaan atas segala hal yang terjadi, akan berdampak tertentu pada kesehatan mental kita. 
 
Setidaknya demikian ulasan Bebodywise, mengenai bagaimana memulai aktivitas seks setelah mengalami keguguran. Bunda membutuhkan waktu untuk recovery fisik dan mental. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi perasaan Bunda setelah keguguran:

  1. Yakini bahwa Bunda tidak sendirian
    Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada 2017, 10 hingga 15 persen perempuan mengalami keguguran di seluruh dunia. Di India, tingkat keguguran adalah 10 persen.
  2. Berhenti menyalahkan diri sendiri
    Keguguran terutama disebabkan kelainan genetik. Olahraga, bekerja selama kehamilan, atau berhubungan seks pada saat hamil tidak menyebabkan keguguran.
  3. Melakukan yoga 
    Yoga merupakan salah satu cara yang bagus untuk menyeimbangkan hormon, menenangkan pikiran, dan mengendalikan emosi.
  4. Bergabung dengan grup pendukung
    Bunda bisa memanfaatkan keberadaan kelompok untuk saling menguatkan, sharing pengalaman atau belajar hal-hal yang digemari. 
  5. Konsultasi dengan pakar
    Ada pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati ya, Bunda. Bunda bisa konsultasi dengan psikolog, terapis atau bahkan psikiater sesuai dengan kebutuhan Bunda ya. 
  6. Berusaha lebih dekat dengan pasangan
    Dukungan pasangan memegang peranan penting dalam masa pemulihan Bunda ya. Saling menguatkan, me-review kembali tujuan hidup bersama penting dilakukan agar Bunda dan Ayah menemukan titik balik makna pernikahan ya. 
  7. Jangan khawatirkan masa depan
    Sesuai penelitian, perempuan yang mengalami keguguran memiliki kehamilan yang sehat di kemudian hari. Karena itu, Bunda tidak perlu khawatir dan bersikap positif dan bahagia. 

Kita lanjut ke halaman berikutnya untuk menyimak langkah yang bisa Bunda coba secara perlahan untuk kembali berhubungan seks dengan suami.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tips berhubungan intim pasca operasi caesar:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MEMULAI HUBUNGAN SEKSUAL SETELAH KEGUGURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!