sign up SIGN UP search


kehamilan

Sperma Keluar di Luar, Apakah Peluang Hamil Tetap Ada?

Kinan   |   Haibunda Minggu, 14 Mar 2021 16:41 WIB
JUMLAH SPERMA DIKELUARKAN SAAT EJAKULASI
Ilustrasi hubungan seks suami istri caption

Seberapa banyak cairan mani dan sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi?

Dikutip dari Healthline, World Health Organization (WHO) menyebutkan ketika penis berejakulasi rata-rata sekitar 1 sendok teh atau 4 mL air mani diproduksi. Namun jumlah ini dapat bervariasi antara 1,2 dan 7,6 mL, bergantung pada kondisi kesehatan pria itu sendiri. 

WHO juga telah menuturkan bahwa setiap kali pria ejakulasi, mereka dapat menghasilkan antara 23 juta hingga 928 juta sel sperma. 

Dengan kondisi yang tepat, sperma bisa hidup di dalam rahim hingga 5 hari. Sperma juga dapat hidup hingga 72 jam dalam inkubator dan dapat bertahan selama bertahun-tahun jika dibekukan. 


Dari sejumlah besar sperma yang ada di dalam air mani, dibutuhkan hanya satu sperma saja untuk membuahi sel telur. Jadi, memungkinkan ada satu sperma yang melakukan perjalanan melalui serviks, sementara air mani dan sperma lainnya keluar dari saluran vagina.

Demikian informasi tentang metode pulling out alias mengeluarkan sperma di luar dan kemungkinan kehamilan yang terjadi. Jangan lupa gunakan alat kontrasepsi agar pencegahan kehamilan bisa lebih efektif, ya!

(som/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!