sign up SIGN UP search


kehamilan

Pilihan Sumber Karbohidrat untuk Bunda yang Sedang Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 10 Mar 2021 12:18 WIB
SUMBER KARBOHIDRAT YANG BAGUS DIKONSUMSI SELAMA KEHAMILAN
Pola Makan Ibu Hamil caption

Karhohidrat kompleks juga memiliki serat yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan selama kehamilan dengan mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit. Asupan karbohidrat juga diketahui dapat membantu Bunda yang sedang hamil untuk mengelola kadar gula darahnya dan menjaganya tetap stabil dengan mencegah lonjakan tiba-tiba sehingga mengurangi kemungkinan risiko diabetes gestasional.

Di luar sumber karbohidrat kompleks, ada juga sumber karbohidrat simpleks yang dapat Bunda jadikan pilihan. Jenis karbohidrat ini bisa Bunda temui dalam makanan nasi putih, roti sereal, sereal olahan, pasta, kue kering, biskuit, dan lainnya. 

Makanan-makanan ini menawarkan banyak energi dan kalori tetapi nilai gizinya rendah. Ketika dimakan, asupan ini dapat dengan mudah dipecah tubuh yang dapat menyebabkan lonjakan cepat dalam kadar insulin dan glukosa darah. Sehingga, Bunda hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan tersebut. Namun, tidak semua karbohidrat simpleks tidak sehat ya, Bunda.


Sumber karbohidrat simpleks yang sehat juga banyak. Bunda dapat memenuhinya melalui buah-buahan segar dan produk susu seperti keju ataupun yogurt yang dapat menjadi pilihan tepat.

Silakan Bunda konsultasikan dengan dokter jika Bunda ragu untuk pilihan sumber karbohidrat yang sesuai dengan kondisi Bunda saat hamil, ya.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi