sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Nutrisi Utama yang Dibutuhkan Ibu Hamil, Folat hingga Kalsium

Nanie Wardhani Jumat, 30 Apr 2021 09:49 WIB
Makanan sehat untuk kehamilan caption

Jakarta - Tahukah Bunda, saat sedang hamil tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi dari sebelumnya. Saat janin di kandungan beranjak besar, maka akan menyerap nutrisi dari tubuh Bundanya. 

Seluruh nutrisi yang baik ini akan menjamin pembentukan sel-sel otak dan pembentukan setiap organ Si Kecil. Karena itu, istilah 'makan untuk dua orang' bisa dibilang ada benarnya juga, walau tidak serta merta berarti porsi makan Bunda harus berubah jadi dua kali lipat dari biasanya.

Nutrisi yang lengkap dan baik untuk dikonsumsi selama hamil dapat memastikan Si Kecil memulai kehidupannya dengan awal yang baik. Nah, menu dengan nutrisi lengkap itu sebaiknya mengandung:


  • Protein
  • Karbohidrat kompleks
  • Lemak sehat
  • Vitamin dan mineral
  • Serat dan air
banner sahabat benci bayibanner sahabat benci bayi/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Sedangkan sumber karbohidrat untuk Bunda hamil, sebaiknya karbohidrat kompleks ya. Seperti apa sih yang namanya karbohidrat kompleks? Lalu sumber karbohidrat dalam bentuk apa saja kah yang dikatakan sebagai karbohidrat kompleks?

Dilansir Healthline, karbohidrat itu sendiri adalah makronutrien utama dan salah satu sumber energi utama bagi tubuh manusia. Sementara karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang memiliki kandungan nutrisi lebih padat daripada karbohidrat sederhana, mengandung serat lebih tinggi, dan lebih sulit dicerna. Selain itu, karbohidrat kompleks juga mengandung gula lebih rendah, sehingga lebih baik untuk dikonsumsi oleh Bunda hamil, agar tidak lebih mudah terkena diabetes Gestasional selama hamil.

Lalu di mana Bunda bisa mendapatkan sumber Karbohidrat kompleks selama kehamilan? Sumber karbohidrat ini dapat Bunda temukan pada roti dan pasta yang berbahan gandum utuh, sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan dan kacang polong, Bunda. Sumber karbohidrat yang juga baik untuk Bunda hamil bisa Bunda dapatkan dari buah-buahan, biji-bijian seperti chia seeds dan pumpkin seeds, oats, quinoa, beras merah dan juga kentang.

Lalu kira-kira diet seimbang seperti apa yang Bunda butuhkan selama hamil, simak lebih lengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga yuk mengenai cara mengatur pola makan agar Bunda hamil enggak obesitas dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DIET SEIMBANG UNTUK BUNDA HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi