sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Perlu Tahu, Apa Saja Jenis Penebalan Dinding Rahim

Nanie Wardhani   |   Haibunda Kamis, 18 Mar 2021 14:02 WIB
PEREMPUAN BERBADAN GEMUK LEBIH BERISIKO
Attractive overweight woman in modern gym exercising on rowing machine. Chubby young blonde woman at fitness center. caption

Perempuan berbadan gemuk lebih berisiko mengalami penebalan dinding rahim, benarkah demikian? Kira-kira apakah penyebabnya?

"Penebalan dinding rahim disebabkan hormon berlebihan, yakni estrogen berlebihan. Ini banyak ditemukan pada yang gemuk. Karena pada yang gemuk, lemak juga memproduksi estrogen," terang Prof. Dr. dr. Ali Baziad, SpOG(K) dari Brawijaya Women & Children HospitalĀ dikutip dariĀ detikcom.

Karena lemak juga mengandung estrogen, lalu ovarium secara alami juga memproduksi estrogen, maka ketersediaan estrogen di dalam tubuh menjadi terlalu banyak, atau berlebihan. Karena inilah maka dinding rahim menjadi menebal, meski perempuan tersebut tidak sedang dalam keadaan hamil.


Selain itu, Profesor Ali juga menambahkan bahwa yang berpotensi mengalami penebalan dinding rahim bukan hanya perempuan gemuk saja, tapi juga penderita diabetes. Lalu ada juga kondisi lain yang menyebabkan hormon estrogen meningkat dan hormon progesteron menurun, yaitu perempuan yang memiliki sindrom ovarium polikistik, perempuan yang sedang melakukan terapi hormon estrogen tanpa pemberian progesteron, dan yang kehilangan siklus haidnya atau yang sudah menopause.

(som/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!