sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Tak Terduga IMD, Kurangi Risiko Perdarahan Pasca Melahirkan

Asri Ediyati Minggu, 04 Oct 2020 18:08 WIB
Inisiasi Menyusui Dini atau IMD caption
Jakarta -

Bunda tentu tahu bahwa menyusui sangat bermanfaat untuk kesehatan anak dan ibunya. Untuk anak, tak usah diragukan lagi, semua kandungan ASI bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Sementara untuk Bunda, menyusui juga memiliki berbagai manfaat. Salah satunya yang penting yaitu saat momen si kecil melakukan Inisiasi Menyusu Dini.

"Bagus banget ketika kita melahirkan, ketika kita IMD. Bayi ditaruh di dada Bundanya, kemudian menyusu. Itu kan merangsang kontraksi," kata konselor laktasi dr.Ameetha Drupadi, CIMI, di acara HaiBunda Tanya Expert, baru-baru ini.


Ameetha melanjutkan, IMD yang dilakukan sesaat setelah melahirkan akan mengurangi potensi terjadinya perdarahan pasca melahirkan. Jadi sangat penting banget menyusui sesegera mungkin ketika bayi baru lahir, Bunda.

"Karena kan kalau perdarahannya banyak, akhirnya kita kurang darah. Akhirnya anemia, Bundanya lemas. Nah, dengan menyusui itu salah satunya bisa mencegah perdarah tersebut," ucapnya.

Sedangkan ketika Bunda mulai menyusui akan menciptaka perasaan happy. Dari perasaan senang menjadi percaya diri, yakin bahwa Bunda bisa menyusui. Akhirnya ikatan batin antara Bunda dan bayi terbentuk.

"Sangat luar biasa manfaat menyusui bagi Bunda yang baru saja melahirkan," kata Ameetha.

Tentunya, informasi ini juga perlu disampaikan pada Ayah. Sebab, salah satu faktor keberhasilan menyusui adalah dukungan dari keluarga. Terutama keluarga inti yaitu suami.

Apalagi kondisi ibu menyusui berbeda dengan selama hamil nih, Bunda. Selama hamil, Bunda bisa mendapatkan istirahat dan makan yang cukup. Sementara usai melahirkan, ada si kecil yang harus dijaga 24 jam dan disusui.

"Ketika baru melahirkan ada aktivitas baru nih, jadi kita harus menyusui. Sementara, bayi bisa bangun di jam-jam yang tidak tentu. Alhasil ibu menyusui mudah lelah dan kewalahan, untuk itu support atau dukungan dari suami sangat penting," ujar Ameetha.

Wah, enggak disangka-sangka ya IMD usai melahirkan juga membuat perdarahan berkurang. Semoga informasi ini bisa membantu Bunda untuk lebih mempersiapkan kelahiran dan menyusui si kecil ya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi