sign up SIGN UP search


kehamilan

Agar Bisa Melahirkan Normal, Begini Cara Mempercepat Pembukaan 1 ke 2

Kinan Jumat, 26 Mar 2021 10:47 WIB
Young pregnant woman behind the steering wheel having contractions caption

Untuk bisa melahirkan secara normal, pembukaan demi pembukaan diharapkan bisa terjadi dengan lancar. Adakah cara mempercepat pembukaan 1 ke 2 yang bisa dilakukan di rumah?

Dikutip dari Healthline, tak semua kehamilan bisa memiliki percepatan pembukaan yang lancar. Sering kali ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk 'memancing' kontraksi.

Ya, meskipun bayi memiliki waktu masing-masing untuk mulai aktif bergerak mencari jalan keluar, akan lebih baik jika Bunda juga turut membantu.


Banner Tanaman Hias untuk Bisnis Rumahan

Apa saja cara mempercepat pembukaan 1 ke 2 yang bisa Bunda lakukan?

1. Stimulasi puting

Stimulasi puting dilakukan untuk mengelabui tubuh agar berpikir bahwa Bunda sedang menyusui bayi. Secara alami, tubuh akan melepaskan oksitosin, hormon yang membantu memulai proses kontraksi.

Namun perlu diketahui bahwa stimulasi puting baru bisa memberikan efek jika tubuh Bunda sudah dalam kondisi siap melahirkan, ya. 

Stimulasi puting bisa dilakukan memijat lembut areola, yakni area gelap di sekitar puting dan bukan pada bagian ujung puting.

Tempatkan telapak tangan di atas areola dan lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar. Lakukan gerakan ini selama setidaknya satu jam, dengan jeda masing-masing sisi payudara 15 menit.

2. Berhubungan seks

Berhubungan seks saat hamil trimester ketiga kerap dimanfaatkan sebagai induksi alami. Ini karena aktivitas seks dapat mendorong pelepasan hormon oksitosin, yang diperlukan untuk memulai persalinan dan kontraksi.

Cairan sperma dan air mani juga mengandung zat mirip hormon yang disebut prostaglandin. Ini dapat membantu melenturkan dan mematangkan serviks. 

Ingatlah untuk tetap melakukannya secara berhati-hati dan hindari menekan perut. Hindari juga melakukan hubungan seks jika ketuban sudah pecah karena berisiko memicu infeksi.

3. Birthing ball

Birthing ball adalah sebuah bola besar yang membal dan terbuat dari bahan karet. Berukuran besar, bola ini biasa juga digunakan untuk pilates.

Saat menggunakan birthing ball, upayakan agar postur punggung berada dalam posisi yang tegak sempurna dan jangan membungkuk. Jika digunakan dengan tepat, birthing ball tak cuma mempercepat pembukaan, tapi juga mengurangi nyeri saat kontraksi datang.

Untuk menggunakan birthing ball, Bunda duduk secara perlahan di atas bola dan buka kedua kaki mengarah ke luar. Jaga bagian tubuh atas tetap stabil dan putar pinggul sambil tetap duduk di atas bola. 

Agar lebih aman, mintalah bantuan suami untuk mendampingi dan menyeimbangkan posisi Bunda. Adanya tekanan pada leher rahim akan membuat posisi kepala bayi berada di bawah.

4. Berjalan kaki

Gerakan fisik yang santai dan teratur diketahui dapat membantu meningkatkan detak jantung. Ini juga bisa membantu membuat bayi lebih mudah bergerak mencari jalan lahir.

Dilansir Very Well Family, salah satu latihannya yakni berjalan kaki alias jalan santai. Selain bisa menjadi salah satu cara mempercepat pembukaan 1 ke 2, jalan santai juga membantu mengatasi stres dan cemas jelang persalinan.

5. Makan kurma

Dikutip dari Journal of Midwifery and Reproductive Health, konsumsi kurma dapat mendorong serviks supaya membesar dan membuat proses pemukaan bisa lebih lancar. Selain itu, buah lain yang bisa Bunda konsumsi yakni pisang.

Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang berperan dalam proses kontraksi otot, termasuk kontraksi di otot rahim.

Jika cara-cara di atas sudah Bunda lakukan namun pembukaan tak kunjung bertambah, cobalah untuk tetap tenang dan mencari suasana baru. Misalnya berjalan keluar rumah dan melihat pemandangan baru.

Atau apabila Bunda sudah berada di rumah sakit, Bunda bisa berjalan-jalan di sekitar ruang perawatan untuk mendapatkan pemandangan berbeda. Meski terkesan biasa, ini dapat membantu melatih otot sekaligus menenangkan diri, lho.

Dengan pikiran yang lebih tenang, kontraksi dan proses pembukaan bisa lebih mudah didapatkan secara lancar, Bunda.

Dokter juga mungkin akan mempertimbangkan intervensi medis seperti induksi atau obat lain hanya jika benar-benar diperlukan. Tetap berhati-hati dan patuhi anjuran dokter selama proses pembukaan awal ini, ya.

Demikian ulasan tentang cara-cara mempercepat pembukaan 1 ke 2. Jangan lupa tetap makan makanan bergizi dan minum air putih agar tubuh tetap bugar jelang persalinan ya, Bunda!

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi