sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Mempercepat Pembukaan 2 dan 3 agar Persalinan Lancar

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 08 Oct 2020 08:25 WIB
Young pregnant brunette sitting in the living room and having some contractions caption

Jakarta - Saat gelombang cinta alias mulas menjelang persalinan datang, rasanya langsung enggak karuan ya, Bunda . Rasa cemas bercampur sakit, membuat pikiran ibu hamil semakin ruwet. Apalagi jika pembukaan tak kunjung bertambah, pasti rasanya campur aduk.

Idealnya, mulas jelang persalinan terjadi secara terus menerus sebagai tanda jika pembukaan bertambah. Tetapi, adakalanya saat memasuki pembukaan 2 dan 3 seringkali tersendat dan berlangsung lama. Hmm, ada enggak ya cara untuk mempercepatnya?

"Tidak ada cara non medis yang terbukti untuk menginduksi persalinan secara alami,"kata Elizabeth Stein, seorang bidan di New York, seperti dikutip dari laman Webmd.


Satu-satunya metode yang aman dan andal untuk mempercepat pembukaan dan menyegerakan persalinan yakni dengan melibatkan pengobatan yang diberikan di rumah sakit, sambung Stein.

Beberapa ibu hamil juga kerap kali mencoba seks yang seringkali dipercaya dapat mempercepat pembukaan. Tetapi, benarkah ini efektif ya?

"Saya memberi tahu pasien saya untuk melakukan itu sepanjang waktu. Meskipun tidak ada bukti bahwa seks dapat memulai persalinan, ada alasan bagus mengapa hal itu mungkin terjadi. Bahwa seks melepaskan prostaglandin, zat mirip hormon yang seperti obat yang digunakan untuk menginduksi persalinan. Saya pikir seks adalah ide yang bagus,"kata Terry Harper, MD, seorang peneliti dari University of North Carolina.

Melansir Baby Center, untuk Bunda yang melewati persalinan kedua ataupun seterusnya, biasanya pembukaan akan berlangsung lebih singkat, meskipun ini tidaklah menjadi jaminan. 

Untuk membantu mempercepat pembukaan, Bunda pun disarankan tidak berbaring dan dapat berdiri tegak serta banyak bergerak. Bunda dapat berjalan-jalan dari satu titik ke titik lain dan pergi ke toilet lebih sering. Sebab, kandung kemih yang penuh dapat memperlambat proses persalinan dengan menghalangi kepala bayi turun.

Hal yang sama juga disarankan, dr.Karno Suprapto, Sp.OG, dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan, untuk mempercepat pembukaan hendaknya Bunda tidak diam saja, dan pasrah menunggu bukaan bertambah dengan sendirinya. Lebih banyak banyak berdiri dan berjalan kaki untuk memancing bukaan lebih cepat terjadi.

"Kalau kita berdiri, kepala bayi akan menekan mulut rahim. Ini adalah proses bagaimana mulut rahim terbuka, kalau enggak ada yang tekan gimana mau membuka. Jadi dengan berjalan dan berdiri, maka makin keras tekanannya jadi makin cepat terbuka," tegas Karno.

Bunda juga dapat berendam di air hangat untuk mengurangi nyeri epidural atau tulang belakang. Atau, Bunda dapat mempraktikkan teknik pernapasan seperti di kelas hypnobirthing dan relaksasi untuk membantu Bunda tetap tenang dan fokus.

Serta, sambil mendengarkan musik favorit, Bunda dapat meminta pasangan untuk menyediakan camilan yang Bunda sukai seperti roti panggang dan minumlah cairan dengan cukup agar tetap terhidrasi.

Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk cerita Kartika Putri melahirkan sendiri di rumah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi