sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil Beserta dengan Efeknya

Haikal Luthfi Jumat, 02 Apr 2021 19:09 WIB
Healthy hazelnut drink (smoothie) - horizontal caption
Jakarta -

Ketika memilih susu untuk perkembangan janin, Bunda mungkin akan menemukan banyak pilihan. Salah satu pilihan yang bermanfaat adalah susu kedelai. Ya, susu ini merupakan minuman nabati dengan kandungan protein tinggi yang terbuat dari biji kedelai.

Minuman ini juga mengandung protein yang sama baiknya susu sapi lho. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), susu formula berbahan dasar kedelai aman untuk bayi. Selain itu juga memberikan nutrisi yang setara dengan susu formula berbahan dasar susu sapi.

Tak ayal susu kedelai menjadi pilihan sebagai pengganti susu sapi, Bunda, karena tidak sedikit wanita yang tidak toleran terhadap laktosa. Selain itu, susu ini juga sarat akan semua asam amino esensial, yang menjadikannya alternatif yang bagus.


Meski bagus untuk dijadikan asupan selama kehamilan, beberapa ahli mengingatkan kalau terlalu banyak minum susu kedelai bisa membahayakan kesehatan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Nah Bunda, apa saja sih manfaat dan efek mengonsumsi susu kedelai? Simak ulasan selengkapnya.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Meski mungkin ada beberapa perbedaan tentang konsumsi susu kedelai saat hamil. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat susu kedelai yang sebenarnya tidak bisa diabaikan, Bunda seperti:

Healthy hazelnut drink (smoothie) - horizontalSusu kedelai/ Foto: iStock

1. Suasana hati menjadi lebih baik

Penggunaan kedelai dipercaya dapat melindungi kehamilan dari depresi lho Bunda.

Mengutip sebuah studi NCBI pada tahun 2018 menunjukkan bahwa lebih dari 1.700 wanita mengalami perubahan suasana hati yang lebih baik setelah mengonsumsi kedelai. Makanan yang paling bermanfaat adalah pasta miso. Susu kedelai, sebaliknya, tidak menunjukkan banyak manfaat.

2. Sumber asam folat

Dilansir laman Being the Parent, kebanyakan ibu hamil diminta untuk mengonsumsi suplemen asam folat selama kehamilan karena asam folat diketahui membantu perkembangan sistem saraf pada bayi. Susu kedelai adalah sumber asam folat alami yang bisa digunakan.

Banner Rumput Fatimah

3. Kaya protein nabati

Dalam kedelai terdapat setidaknya 60 gram protein setiap hari yang bisa diperoleh selama kehamilan.

Kedelai adalah pilihan yang baik untuk protein nabati dan dapat sangat berguna terlebih jika Bunda adalah seorang vegetarian yang perlu meningkatkan asupan nutrisinya selama kehamilan atau sebaliknya.

4. Tulang menjadi lebih Kuat

Dikutip dari Yahoo! Lifestyle, para ahli medis bersikeras kalau wanita hamil harus mengonsumsi kalsium yang tinggi dalam makanan sehari-hari mereka. Bayi yang belum lahir juga butuh banyak kalsium untuk perkembangan tulang dan ototnya. Kandungan kalsium yang tinggi dalam susu kedelai bagus untuk kehamilan.

5. Menjaga kadar gula darah

Bagi Bunda yang menderita diabetes gestasional dapat mencoba mengonsumsi susu kedelai demi menjaga kadar gula darah.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Medical Sciences di Iran yang menunjukkan bahwa kedelai dapat bermanfaat pada kadar gula darah. Para peneliti memasukkan 68 wanita hamil dengan diabetes gestasional dalam penelitian mereka.

Tim peneliti memisahkan wanita menjadi dua kelompok secara acak, dengan setengahnya ditugaskan untuk diet di mana 35 persen protein berasal dari kedelai dan sisanya dari sumber lainnya. Proses diet dilakukan selama enam minggu.

Hail menunjukkan bahwa kadar gula darah puasa dan kadar insulin menurun untuk wanita dalam kelompok kedelai sedangkan pada wanita dari diet lain justru meningkat.

Efek susu kedelai untuk ibu hamil

Meskipun kandungan gizinya tinggi, kemungkinan efek samping dari susu kedelai tidak dapat diabaikan sepenuhnya. Berikut adalah beberapa efek yang ditimbulkan seperti yang dikutip dari laman Mom Junction:

  • Susu kedelai mengandung isoflavon yang menyerupai estrogen.

  • Pada eksperimen yang dilakukan pada hewan, diketahui susu kedelai dalam dosis tinggi dapat menyebabkan tumor atau kelainan bentuk fisik lainnya pada janin.

  • Beberapa ibu hamil diketahui mengalami gejala alergi seperti ruam, bengkak, kesulitan bernapas, muntah dan mual karena konsumsi susu kedelai secara teratur.

  • Dalam kasus yang jarang, mengonsumsi susu kedelai dapat mengakibatkan anafilaksis.

  • Sejauh ini belum ada laporan konklusif yang sepenuhnya tidak menyetujui asupan susu kedelai pada kehamilan. Namun, sebaiknya hindari konsumsi susu kedelai secara berlebihan untuk menghindari bayi lahir cacat.

  • Isoflavon yang terkandung dalam kacang kedelai juga dikatakan dapat memicu sakit kepala atau migrain.

Susu kedelai memang baik untuk kehamilan, asalkan dikonsumsi dalam porsi yang dianjurkan. Lebih lanjut, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter atau penyedia kesehatan mengenai menu yang tepat untuk asupan kehamilan Bunda.

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi