sign up SIGN UP search


kehamilan

Minum Susu Kedelai Saat Hamil Bisa Bikin Kulit Bayi Putih, Mitos atau Fakta?

Annisa Karnesyia Minggu, 02 May 2021 11:16 WIB
Kehamilan caption
Jakarta -

Susu kedelai adalah salah satu protein nabati yang bisa dikonsumsi Bunda selama hamil. Mitosnya, olahan kedelai dalam bentuk susu ini bisa bikin kulit bayi putih saat dilahirkan lho. Benar enggak ya, Bunda?

Susu kedelai atau olahan kedelai lainnya memang baik dikonsumsi selama kehamilan. Meski begitu, kedelai tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan ya.

Kedelai mengandung isoflavon, yakni fitoestrogen yang meniru hormon estrogen dalam tubuh. Beberapa ahli memperingatkan bahwa konsumsi terlalu banyak kedelai dapat membahayakan kesehatan Bunda dan perkembangan janinnya.


Namun, kandungan gizi dalam kedelai cukup baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Kedelai merupakan sumber protein yang rendah lemak dan kaya akan mineral.

"Selain protein berkualitas tinggi, kedelai juga menyediakan asam folat, zat besi, kalsium, seng, dan mineral lain," kata penulis Eat Your Way to Happiness, Elizabeth Somer, M.A., R.D, dilansir Parents.

"Kedelai juga mengandung tinggi serat dan sumber asam lemak omega-3," sambungnya.

Mengonsumsi kedelai juga diyakini dapat mencegah depresi selama hamil. Sebuah studi di European Journal of Nutrition tahun 2018 mengungkapkan bahwa kedelai bisa meningkatkan suasana hati seseorang.

Lalu benarkan konsumsi kedelai saat hamil bisa bikin kulit bayi putih setelah dilahirkan?

Dokter spesialis kandungan, dr.Fredrico Patria, SpOG, mengatakan bahwa itu semua hanya mitos. Kulit bayi tidak bisa berubah hanya dipengaruhi makanan, Bunda.

"Makanan tidak berpengaruh pada kulit bayi dalam kandungan," kata Fredrico, dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal.

Menurutnya, faktor genetiklah yang menjadi penentu warna kulit bayi. Seperti apa penjelasan lengkapnya?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips makan ibu hamil yang obesitas menurut dokter, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

FAKTOR YANG PENGARUHI WARNA KULIT BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi