sign up SIGN UP search


kehamilan

Bahaya Radiasi HP pada Kehamilan, Tingkatkan Masalah Perilaku Anak

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 17 Apr 2021 18:44 WIB
Beautiful young pregnant woman listening to music and sitting on sofa at living room. Relax, rest time concept. caption

Radiasi HP sering disebut-sebut memiliki efek buruk pada kehamilan. Hal ini dikarenakan radiasi HP disinyalir dapat meningkatkan risiko pada perkembangan bayi.

Melansir dari Independent, sebuah penelitian menemukan bahwa Bunda yang hamil dan menggunakan hp lebih mungkin melahirkan anak-anak dengan masalah perilaku. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei pada lebih dari 13 ribu anak, Bunda.

Tim peneliti menemukan bahwa penggunaan headset hanya dua atau tiga kali sehari, bisa meningkatkan risiko bayi mereka berkembang menjadi hiperaktif. Bahkan, kelak anak yang dilahirkannya bisa bermasalah dengan tingkah laku, emosi, dan hubungan pada saat mereka mencapai usia sekolah.


Perilaku tersebut kemungkinan akan meningkat jika anak-anak itu menggunakan ponsel sebelum usia tujuh tahun. Selain itu, ditemukan juga bahwa Bunda yang menggunakan headset,  54 persen lebih mungkin memiliki anak dengan masalah perilaku. Ada kemungkinan masalah perilaku itu akan meningkat dengan jumlah potensi paparan radiasi.

Belum lagi, ketika anak-anak itu kemudian menggunakan hp, mereka secara keseluruhan 80 persen lebih mungkin mengalami kesulitan berhubungan dengan teman sebaya, 35 persen lebih mungkin menjadi hiperaktif, dan 49 persen lebih rentan terhadap masalah tingkah laku.

Para ilmuwan mengatakan bahwa hasil penelitian ini sungguh tidak terduga dan mereka tahu tidak ada mekanisme biologis yang dapat menyebabkannya. Tetapi, ketika mereka mencoba menjelaskannya dengan memperhitungkan kemungkinan penyebab lainnya, seperti merokok selama kehamilan, riwayat psikiatri keluarga atau status sosial ekonomi, mereka menemukan bahwa hubungan dengan penggunaan ponsel menjadi semakin kuat.

Ditambahkan pula bahwa para Bunda yang sering menggunakan ponsel mungkin kurang memperhatikan anak-anak mereka dan menekankan bahwa hasil harus ditafsirkan dengan hati-hati dan diperiksa oleh penelitian lebih lanjut. 

"Penelitian di Kanada pada tikus hamil yang terpapar radiasi juga serupa dan menemukan perubahan struktural pada otak keturunannya," ujar Profesor Sam Milham, dari Mount Sinai School of Medicine di New York.

Komite Nasional Rusia mengatakan bahwa penggunaan ponsel oleh Bunda hamil dan anak-anak sedianya harus dibatasi. Ini menyimpulkan bahwa anak-anak yang berbicara di headset cenderung menderita gangguan memori, penurunan perhatian, berkurangnya kemampuan belajar dan kognitif, peningkatan sifat lekas marah dalam jangka pendek, dan bahaya jangka panjang termasuk sindrom depresi dan degenerasi struktur saraf otak.

Simak bahaya pemakaian hp pada ibu hamil dengan klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, saat hamil juga sebaiknya perhatikan mengenai risiko thalassemia seperti dijelaskan dokter si bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



BAHAYA RADIASI HP SELAMA KEHAMILAN BISA PICU MASALAH PERILAKU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi