sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Gusi Berdarah Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 22 Apr 2021 12:35 WIB
Pregnant women blowing her nose in bed caption

Jakarta - Beberapa perubahan tubuh sering Bunda alami selama kehamilan. Salah satunya yakni gusi berdarah yang dapat terjadi sepanjang kehamilan. Hmm, apa ya kira-kira penyebabnya, Bunda?

Kehamilan memang membawa perubahan pada berbagai hal ya, Bunda. Termasuk di antaranya kesehatan mulut dimana dapat menyebabkan Bunda mengalami permasalahan gigi selama kehamilan.

"Saat Bunda hamil, hormon Bunda berfluktuasi. Bunda pun mungkin akan merasakan pengaruhnya di mulut. Ketika kadar progesteron yang lebih tinggi saat hamil memang membuat Bunda lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan pembentukan plak. Sementara peningkatan estrogen menyebabkan peningkatan aliran darah ke gusi. Inilah yang menyebabkan gusi lebih bengkak dan sensitif," kata Kami Hoss, DDS, seorang orthodontist di San Diego dikutip dari laman Wellandgood.


Gusi yang lebih sensitif tersebut sering menyebabkan gusi berdarah pada Bunda selama kehamilan. Dan Bunda tidak perlu khawatir karena gejala ini umum selama kehamilan.

Banner Pernikahan Putri Nabi Muhammad

Penyebab gusi berdarah saat hamil biasanya dikarenakan hormon Bunda yang selalu berubah-ubah. Peningkatan kadar estrogen, estradion, dan progesteron dapat menyebabkan radang gusi akibat kehamilan.

Gingivitis merupakan tahap pertama dari penyakit gusi. Hal ini dapat terjadi jika plak di sepanjang garis gusi tidak diangkat dengan benar. Plak akan membiarkan bakteri yang menginfeksi gusi dan akhirnya menyebabkan perdarahan dan sensitivitas. 

Melansir dari Whattoexpect, hormon kehamilan dapat menyebabkan selaput lendir membengkak dan sinus tersumbat. Sehingga akhirnya dapat berisiko gusi meradang sejak minggu ke-15 kehamilan di mana selanjutnya membuat gusi lebih mudah berdarah.

Mengenai penyebab gusi berdarah selama kehamilan, memang ada berbagai faktor yang menyebabkannya. Salah satunya yakni hormon yang melonjak dan membuat gusi bengkak. 

Hormon merupakan penyebab paling mungkin karena membuat mulut lebih rentan terhadap bakteri dan plak, di mana keduanya membuat gusi lembut selama kehamilan. Selain itu, juga dapat menyebabkan radang gusi dan kerusakan gigi pada beberapa Bunda, jika tidak ditangani dengan benar.

Informasi selengkapnya klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk penjelasan mengenai mitos dan fakta soal kehamilan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB GUSI BERDARAH SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi