sign up SIGN UP search


kehamilan

Manfaat Sarang Walet bagi Ibu Hamil, Benarkah Bisa Cerdaskan Bayi?

Annisa Karnesyia Sabtu, 01 May 2021 08:00 WIB
Sarang burung walet caption
Jakarta -

Bunda tahu enggak sih, sarang burung walet ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan? Sarang burung walet bahkan diyakini baik untuk ibu hamil. Benar enggak ya, Bunda?

Sarang burung walet merupakan pengobatan tradisional yang terkenal di China. Banyak orang China menyantap sup sarang burung walet karena dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit.

Di kawasan Asia, sarang burung walet sudah dikomersilkan atau dijual bebas. Harganya pun cukup mahal karena memiliki segudang khasiat kesehatan.


Dilansir Live Science, sarang burung walet dianggap memiliki nilai gizi tinggi. Sarang burung ini disebut sebagai obat anti penuaan, anti kanker, dan bisa meningkatkan konsentrasi serta libido.

Sarang burung walet mengandung tinggi protein asam amino esensial, karbohidrat, dan rendah lemak. Selain itu, sarang burung ini juga mengandung enam hormon, salah satunya adalah testosteron dan estradiol.

Hormon testoteron pada wanita diproduksi di ovarium dan kelenjar adrenal, Bunda. Hormon ini memiliki manfaat untuk fungsi ovarium. Kadar testoteron dan estrogen yang seimbang dalam tubuh dapat menentukan kerja ovarium.

Sedangkan hormon estradiol merupakan hormon seks wanita yang berperan penting dalam siklus menstruasi dan reproduksi. Hormon juga berfungsi menjaga kesehatan tulang dan sendi pada wanita.

Manfaat sarang burung walet

1. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sarang burung walet mengandung zat yang dapat merangsang pembelahan dan pertumbuhan sel.

2. Kandungan ini juga mampu meningkatkan pertumbuhan dan regenerasi jaringan, serta menghambat infeksi influensa.

3. Sarang burung walet mengandung glikoprotein tinggi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Bunda.

4. Secara tradisional, pengobatan sarang burung walet juga digunakan untuk kecantikan. Penelitian menunjukkan bahwa sarang burung walet mengandung faktor pertumbuhan epidermal yang bisa memperbaiki kulit dan jaringan.

5. Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, kandungan nutrisi di sarang burung ini dapat membantu pemulihan penyakit kronis.

6. Secara khusus, sarang burung walet bahkan mampu meringankan penyakit pernapasan, seperti asma.

7, Sarang burung walet mampu mencegah sakit flu dan meredakan sakit batuk kronis.

8. Digunakan juga untuk merangsang nafsu makan dan melancarkan saluran cerna.

9. Sarang burung walet baik untuk kesehatan mata. Penelitian yang dipublikasi dalam BMC Complementary Medicine and Therapies tahun 2011 menyebut bahwa hormon di dalam sarang burung walet dapat membantu tubuh memproduksi keratosit yang bisa menjaga kornea tetap kuat.

10. Peneliti di China menemukan bahwa sarang burung walet dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip berbagai sumber, sarang burung walet diklasifikasikan sebagai tonik. Idealnya mengonsumsi makanan ini sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong.

Meski memiliki segudang manfaat kesehatan, sarang burung walet juga diketahui berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sarang burung bisa menyebabkan anafilaksis, yakni reaksi alergi yang dapat mengancam jiwa.

Portrait of young happy pregnant woman standing by the windowIlustasi ibu hamil/ Foto: iStock

Sarang burung walet untuk ibu hamil

Dalam sebuah penelitian di jurnal Neural Plasticity tahun 2018, dilaporkan bahwa kandungan asam sialic di sarang burung walet bisa memengaruhi perkembangan otak dan kecerdasan bayi. Tim peneliti mencoba membuktikan gagasan ini dengan meneliti tikus betina.

Peneliti memberikan sarang burung walet secara oral di tikus betina selama masa kehamilan dan menyusu. Efeknya kemudian diteliti untuk menilai prestasi belajar yang diperoleh keturunannya.

Penelitian ini menemukan bahwa pemberian sarang burung walet dapat meningkatkan kadar BDNF (Brain Derived Neurotrophin Factor), yakni protein di otak dan saraf perifer. Selain itu, sarang burung walet juga bisa meningkatkan pertumbuhan dan mendiferensiasi neuron antar generasi.

"Ini adalah studi pertama yang meneliti efek sarang burung walet pada ibu hamil dan terkait pada pembelajaran serta memori keturunan," kata tim penulis, dikutip dari US National Library of Medicine National Institutes of Health.

Meski begitu, hasil studi ini perlu diteliti lebih lanjut, Bunda. Terutama untuk membuktikan kandungan sarang burung walet untuk perkembangan saraf janin.

"Meskipun penelitian kami telah membuktikan bahwa pemberian sarang burung walet dapat meningkatkan fungsi otak bayi, penelitian lebih lanjut harus diarahkan untuk menyelidiki perubahan di sinyal saraf otak," ujar tim peneliti.

"Hasil penelitian hamil mungkin berguna untuk studi lebih lanjut tentang nutrisi ibu hamil dan untuk perkembangan kecerdasan keturunannya," sambung mereka.

Benar saja, Bunda. Ahli diet dari KK Women's and Children's Hospital, Kellie Kong, juga mengungkapkan bahwa butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat sarang burung walet untuk ibu hamil. Meski begitu, sejauh ini masih aman untuk mengonsumsinya selama kehamilan.

"Sarang burung walet dipercaya memiliki khasiat dan nutrisi dan dianggap aman untuk ibu selama kehamilan. Namun, bukti ilmiah masih kurang untuk menunjukkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi sarang burung walet selama kehamilan," ujar Kong, melansir dari HealthXchange Singapore.

Menurut Kong, secara nutrisi, sarang burung walet menyediakan protein, karbohidrat, zat besi, dan serat. Tidak ada perbedaan sarang burung walet yang dijual secara komersil atau produksi rumahan. Namun, pada produk tertentu, sarang burung walet mungkin sudah ditambahkan gula sebagai pemanis.

Sebelum mengonsumsi sarang burung walet, sebaiknya konsultasi ke dokter dulu ya. Memperhatikan asupan makanan penting selama kehamilan.

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi