sign up SIGN UP search


kehamilan

Viral Wanita Melahirkan 9 Bayi Sekaligus Melalui Operasi Caesar

Annisa Karnesyia Sabtu, 08 May 2021 12:54 WIB
Bayi kembar caption
Jakarta -

Melahirkan sepasang anak kembar sudah biasa ya, Bunda. Tapi tidak bagi wanita asal Mali ini. Ia baru saja melahirkan anak kembar sembilan atau nonuplet sekaligus.

Halima Cisse melahirkan sembilan anak di Maroko, Afrika Utara, pada Selasa (4/5/21) waktu setempat. Wanita 25 tahun ini melahirkan lima anak perempuan dan empat anak laki-laki melalui operasi caesar.

Berita kelahiran sembilan anak Cisse ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan dan Sosial Mali, Dr. Fanta Siby, dalam sebuah pernyataan tertulis. Menurut Siby, saat ini kondisi Cisse dan kesembilan anaknya baik-baik saja. Berat bayi-bayi Cisse berkisar antara 500 gram (gr) dan 1 kilogram (kg).


"Ibu dan bayi-bayinya baik-baik saja," kata Siby, dikutip dari Associated Press.

Cisse pertama kali dirawat di rumah sakit di ibu kota Mali, Bamako. Ia lalu dipindahkan ke klinik di Maroko pada 30 Maret setelah hasil USG menunjukkan bahwa dia sedang mengandung tujuh bayi, sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Banner Santriwati Dinikahi Miliuner ArabBanner Santriwati Dinikahi Miliuner Arab/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Direktur di tempat Cisee melahirkan, Youssef Alaoui, mengatakan bahwa mereka telah dihubungi para dokter di Mali tentang kondisi Cisse sekitar satu setengah bulan sebelum melahirkan. Namun, mereka tidak menyangka Cisse melahirkan sembilan anak, Bunda.

Cisse melahirkan di usia kehamilan 30 minggu dan sekarang kondisinya telah stabil. Ia sempat mengalami pendarahan hebat hingga mendapatkan transfusi darah.

"Operasi caesar dilakukan setelah Cisse mengalami sakit hebat," ujar Alaoui.

Menurut Alaoui, Cisse tidak melakukan perawatan kesuburan untuk bisa hamil sembilan anak. Kementerian Kesehatan Mali sendiri memang tidak memberikan informasi apa pun tentang kehamilan Cisse.

Suami Cisse, Adjudant Kader Arby, diketahui masih berada di Mali bersama anak pertamanya. Ia terus berhubungan dengan sang istri di Maroko dan sehingga masih bisa tenang memikirkan tentang masa depan keluarganya.

"Tuhan memberi kami anak-anak ini. Dialah yang memutuskan apa yang akan terjadi pada mereka. Saya tidak khawatir tentang itu semua karena ketika Tuhan melakukan sesuatu, Dia tahu alasannya," kata Arby, dilansir BBC.

Arby menyebut bahwa dia telah menerima banyak dukungan dari orang-orang atas kelahiran sembilan anaknya. Tak tanggung-tanggung, presiden bahkan menghubunginya untuk mengucap selamat.

"Saya berterima kasih kepada mereka semua, bahkan presiden pun menelepon saya," ujarnya.

Kelahiran sembilan anak Cisse ini sepertinya akan memecahkan rekor dunia lho, Bunda. Peristiwa ini memang cukup langka terjadi di dunia. Lalu apa penyebab kehamilan nonuplet?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga penjelasan dokter tentang proses bayi tabung untuk hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB HAMIL NONUPLET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!