sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Tips Mempercepat Pemulihan Luka Operasi Caesar, Salah Satunya 'Puasa' Seks

Tim HaiBunda Selasa, 18 May 2021 19:21 WIB
Ilustrasi operasi caesar caption
Jakarta -

Bagi Bunda yang tengah hamil, apalagi hamil tua, merencanakan persalinan adalah hal penting yang wajib dilakukan dengan segera dan cermat. Salah satunya adalah memutuskan apakah Bunda memilih persalinan normal atau lewat operasi Caesar.

Biasanya, persalinan dengan bedah Caesar dianjurkan oleh dokter jika Bunda memiliki beberapa kondisi tertentu. Namun, jika Bunda sudah memutuskan untuk memilih operasi caesar, ada beberapa hal penting yang wajib Bunda ketahui dan lakukan pasca persalinan.

Tujuannya adalah agar proses pemulihan dapat berjalan dengan baik dan optimal. Pasalnya, rasa nyeri di bagian jahitan adalah hal yang akan dialami oleh Bunda setelah menjalani operasi ini.


Banner Gadis 30 Tahun Ngga Pernah Pacaran

4 Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar

1. Jangan lakukan aktivitas fisik berat

Selama masa pemulihan pasca operasi, pastikan bahwa Bunda mendapat istirahat yang cukup agar tenaga Bunda dapat segera pulih. Salah satu caranya adalah dengan menghindari aktivitas fisik yang berat seperti aerobic, berlari, bersepeda, sit up, maupun olahraga lainnya.

Fokuskan energi Bunda untuk merawat dan menyusui sang buah hati. Baru setelah dokter menyatakan Bunda telah sehat dan pulih, Bunda bisa kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala.

2. Usahakan berjalan dengan perlahan di rumah

Pasca melahirkan dengan bedah Caesar, biasanya para Bunda akan merasakan sakit saat berjalan. Oleh karena itu, besar kemungkinan bahwa Bunda juga akan mengalami hal ini.

Meski begitu, bukan berarti rasa sakit tersebut malah mengharuskan Bunda berbaring sepanjang waktu. Pasalnya, Bunda justru sangat dianjurkan untuk berjalan walaupun secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Tujuannya adalah untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh, serta mencegah risiko pembekuan darah maupun sembelit.

Ilustrasi melahirkan caesarIlustrasi melahirkan caesar/ Foto: Getty Images/iStockphoto/TolikoffPhotography

3. Hindari berhubungan dengan suami selama beberapa waktu terlebih dahulu

Seperti yang barangkali sudah Bunda ketahui, operasi bedah Caesar dilakukan dengan membuat sayatan pada perut dan otot rahim. Artinya, ada luka operasi yang timbul karena prosedur ini yang menjadi alasan utama mengapa muncul rasa nyeri dan tidak nyaman pasca persalinan.

Agar luka sayatan tersebut dapat pulih dengan segera, Bunda juga perlu menghindari berhubungan intim dengan pasangan terlebih dahulu selama masa pemulihan. Tunggu sampai luka sudah benar-benar sembuh dan dokter menyatakan bahwa kondisi Bunda telah pulih.

4. Rawat luka dan jahitan dengan cermat

Salah satu kunci penting pemulihan optimal pasca operasi caesar adalah perawatan luka yang baik. Bunda bisa melakukannya nanti dengan membersihkan luka secara rutin setiap hari menggunakan air hangat dan sabun. Lalu keringkan dengan cara menepuk secara perlahan menggunakan handuk bersih yang halus.

Pilihlah sabun tanpa pewangi atau sabun yang gentle (tidak mengandung bahan kimia keras). Dengan begitu, risiko nyeri atau iritasi pada luka bisa dihindari. Kemudian, balut luka menggunakan kain kasa, terutama pada luka basah atau jika luka bergesekan dengan baju.

Bunda juga perlu mengganti kasa setiap hari. Dengan perawatan ini, luka jahitan operasi caesar akan selalu dalam kondisi kering dan bersih. (PK)

Simak juga video berikut soal curhat Dr.Reisa Broto Asmoro yang 'sengsara' pasca melahirkan caesar.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi