sign up SIGN UP search


kehamilan

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil, Mana yang Paling Aman?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 25 May 2021 07:00 WIB
Man and woman, man dentist with a pregnant woman patient in ordination. caption

Jakarta - Gangguan sakit gigi bisa terjadi pada siapa pun ya, Bunda. Tak terkecuali para Bunda yang sedang hamil. Kalau sudah begini jadi bikin galau, karena Bunda hamil enggak boleh minum obat sembarangan.

Menjaga kesehatan gigi memang sangat penting ya, Bunda. Ini merupakan bagian dari kesehatan secara keseluruhan. Bahkan saat hamil pun, Bunda tetap disarankan untuk melakukan perawatan gigi. Kehamilan memang meningkatkan risiko masalah kesehatan gigi tertentu yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti kelahiran prematur.

Bunda pun perlu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi selama kehamilan. Jangan lupa menginformasikan pada dokter bahwa Bunda sedang hamil. Sejauh ini, rontgen gigi yang dilakukan selama kehamilan merupakan tindakan yang aman dilakukan.


The American Dental Association, The American Congress of Obstetricians and Gynecologists, dan the American Academy of Pediatrics mendorong para Bunda untuk mendapatkan perawatan gigi saat hamil.

Banner Pria Yogyakarta MualafBanner Pria Yogyakarta Mualaf/ Foto: HaiBunda

"Ini merupakan periode waktu yang krusial dalam kehidupan seorang wanita dan menjaga kesehatan mulut secara langsung berhubungan dengan kesehatan yang baik secara keseluruhan," ujar Aharon Hagai, D.M.D, seperti dikutip dari laman Mouth Healthy.

Perlu Bunda tahu bahwa kehamilan mungkin dapat memperburuk beberapa kondisi gigi. Kondisi kehamilan memang membuat Bunda lebih rentan mengalami gigi berlubang karena sejumlah alasan. 

Jika Bunda makan lebih banyak karbohidrat dari biasanya, ini dapat menyebabkan pembusukan. Morning sickness pun dapat meningkatkan jumlah asam yang terpapar pada mulut di mana dapat menggerogoti lapisan luar gigi (enamel) Bunda.

Karenanya, pemeriksaan rutin dan kebiasaan menjaga kesehatan gigi yang baik dapat membantu Bunda dan bayi tetap sehat. Serta, menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang gigi dapat menjadi kebiasaan yang perlu dilakukan.

Jika Bunda memiliki masalah gigi yang memerlukan perawatan lebih, segeralah menghubungi dokter dan memberitahukan kondisi kehamilan Bunda. Biasanya, dokter akan memberikan tindakan tergantung pada kondisi sakit gigi yang Bunda alami.

Informasi mengenai obat sakit gigi yang aman untuk Bunda hamil klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak yuk cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT SAKIT GIGI AMAN UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi