sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Pertimbangan Memilih Dokter Kandungan Sebelum Hamil hingga Melahirkan

Annisa Karnesyia Sabtu, 05 Jun 2021 13:21 WIB
Ibu hamil caption
Jakarta -

Memilih dokter kandungan adalah langkah awal yang Bunda lakukan saat merencanakan kehamilan. Kebanyakan Bunda akan memilih dokter yang sama hingga proses persalinannya.

Memilih dokter mungkin terdengar mudah. Tapi, sebenarnya Bunda perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih yang tepat.

Menurut dokter spesialis obgyn, Dr. Valinda Nwadike, mencari sistem perawatan kesehatan dan menemukan dokter kandungan yang tepat dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang. Bunda memerlukan dokter yang dapat menanggapi perubahan dari kebutuhan selama kehamilan.


"Menemukan dokter kandungan yang tepat penting untuk kesehatan fisik, emosional, seksual, dan reproduksi wanita," kata Nwadike, dilansir Healthline.

Banner Raeni Anak Tukang Becak CumlaudeBanner Raeni Anak Tukang Becak Cumlaude/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Bunda perlu meluangkan waktu untuk memilih dokter kandungan bersama Ayah. Berikut 5 pertimbangan memilih dokter kandungan, seperti dikutip dari Buku Pintar Ibu Hamil oleh Tim Naviri:

1. Jenis kelamin

Dalam memilih dokter kandungan, Bunda perlu memikirkan kenyamanan ya. Sebagian Bunda memilih dokter wanita, namun yang lainnya justru nyaman dengan dokter laki-laki.

"Tingkat kenyamanan di sini tidak hanya berhubungan dengan pemeriksaan kehamilan, namun juga pada komunikasi, keramahan, serta hal-hal lain antara dokter dan pasien," kata tim penulis.

Ini adalah masalah kecocokan atau kemantapan dan masing-masing orang bisa berbeda. Jangan lupa bicarakan dengan Ayah dalam menentukan dokter kandungan ya, Bunda.

2. Tempat praktik

Bunda enggak perlu memaksakan diri untuk memilih dokter dengan reputasi terkenal, tapi tempat praktiknya sangat jauh dari rumah ya. Takutnya nanti Bunda akan repot saat waktu kelahiran tiba.

Bunda juga perlu memikirkan kemungkinan terburuk yang terjadi saat hamil. Misalnya, bila ada keadaan darurat saat pendarahan dan perlu ditangani dengan cepat oleh dokter.

Ada baiknya kita tidak hanya memilih dokter dengan reputasi terbaik, tapi juga jarak tempat praktiknya dekat dengan tempat tinggal. Semakin mudah dokter kandungan dijangkau atau dihubungi, maka semakin baik.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

PERTIMBANGAN PILIH DOKTER KANDUNGAN: TINGKAT PELAYANAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi