sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Tanda Janin Tidak Berkembang, Salah Satunya Kram Hebat

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 29 May 2021 13:10 WIB
Pregnant woman and doctor in hospital caption

Jakarta - Gangguan pada kehamilan bisa berbagai macam ya, Bunda. Seringkali, para Bunda mengalami janin tidak berkembang meski usia kehamilan terus berjalan.

Pertumbuhan bayi selama kehamilan diharapkan memang tumbuh sesuai tahapan tiap trimesternya. Tetapi, tak jarang kehamilan juga mengalami kendala pada tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Adakalanya, Bunda perlu menelan pil pahit karena janin tidak berkembang sesuai harapan.

"Ada berbagai alasan mengapa beberapa embrio menunjukkan pertumbuhan terbatas pada tahap awal kehamilan," ujar Dr Shyamaly Sur, seorang peneliti dari University of Nottingham.


Dr Sur menambahkan, penyebab janin tidak berkembang tersebut bisa jadi dikarenakan kelainan pada janin atau sesuatu di lingkungan rahim, seperti dikutip dari laman BBC.

Selama sembilan minggu pertama kehamilan, bayi yang sedang berkembang disebut sebagai embrio, tetapi akan berubah menjadi janin pada minggu ke-10. Pada titik ini, seorang wanita biasanya tahu dia sedang hamil dan bahkan mungkin telah melihat bayinya di USG tampak sebesar biji labu.

Janin seiring dengan usia kehamilan akan melalui banyak fase pertumbuhan dan perkembangan dan ketika tiba-tiba berhenti, itu artinya kehamilan tidak lagi  berlanjut.

Keguguran dianggap sebagai hilangnya kehamilan sebelum minggu ke-20. Melansir dari Healthline, antara 10-15 persen dari kehamilan yang berakhir dengan keguguran.

Sebagian besar keguguran terjadi sebelum minggu ke-12 kehamilan. Dan, banyak Bunda mengalami keguguran sejak dini. Ketika Bunda kehilangan anak setelah minggu ke-20, secara medis disebut bayi lahir mati atau dikenal sebagai stillbirth.

Selama kehamilan, tentunya Bunda akan menjalani beberapa kali USG untuk melacak ukuran bayi dan perkembangan pertumbuhannya. Dokter juga akan menjalankan tes tambahan jika ada kecurigaan adanya masalah, terutama jika ada perbedaan lain dalam temuan USG.

Pengukuran tinggi fundus yang tidak sesuai harapan dapat mengindikasikan adanya masalah pada kehamilan, seperti terlalu banyak atau terlalu sedikit cairan ketuban atau bayi dalam posisi sungsang.

Informasi selanjutnya klik di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga yuk cerita keguguran yang pernah dialami dokter Reisa di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



KENALI TANDA-TANDA JANIN TIDAK BERKEMBANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi