sign up SIGN UP search


kehamilan

Alpukat untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Porsi Aman Konsumsinya

Kinan Jumat, 04 Jun 2021 12:05 WIB
Young beautiful pregnant woman preparing healthy meal with fruites and vegetables caption

Alpukat menjadi salah satu buah yang disukai oleh semua umur, termasuk ibu hamil. Nah, sebenarnya amankah konsumsi alpukat untuk ibu hamil?

Dikutip dari Parenting First Cry, alpukat mengandung banyak nutrisi penting, seperti potasium dan folat. Unsur-unsur ini memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Mengonsumsi alpukat selama trimester ketiga kehamilan juga termasuk aman, mengingat ada banyak kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya,


Kandungan nutrisi alpukat

Seperti disebutkan sebelumnya, alpukat kaya akan kandungan nutrisi. Buah ini menjadi sumber energi, karbohidrat, vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil. 
Ya, alpukat diketahui mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, vitamin B6, dan zat besi.

Selain itu, alpukat juga mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, kalsium, zinc, kalium, fosfor, dan kolin.

Berapa banyak porsi aman alpukat untuk ibu hamil dalam sehari? 

Meski memiliki banyak nutrisi dan manfaat, konsumsi berlebihan buah alpukat tetap tak disarankan ya, Bunda. Dianjurkan konsumsi alpukat maksimal satu buah saja per hari untuk menghindari efek samping.

Manfaat konsumsi alpukat selama kehamilan

Beberapa manfaat kesehatan terbaik dari makan alpukat saat hamil di antaranya:

1. Mengurangi risiko naik berat badan berlebihan

Alpukat mengandung serat dalam jumlah besar yang membantu pencernaan dan membantu mengontrol penambahan berat badan. Minum jus alpukat selama kehamilan adalah cara tetap kenyang lebih lama yang baik, guna menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan.

2. Membantu proses penyerapan nutrisi

Alpukat mengandung banyak nutrisi, tetapi yang membedakannya dengan buah dan sayuran sehat lainnya adalah kemampuannya untuk membantu tubuh menyerap nutrisi tersebut.

Misalnya, jika Bunda mengonsumsi sayuran atau ubi jalar, alpukat menyerap antioksidan karotenoid darinya, yang kemudian dengan mudah diasimilasi ke dalam tubuh. 

Selain itu, alpukat juga membantu dalam proses penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.

3. Sumber mineral penting

Kalsium, magnesium, kalium, tembaga, zinc, mangan, fosfor, dan vitamin lainnya ada dalam alpukat. Semua nutrisi ini sangat penting dalam proses tumbuh kembang janin yang pesat. 

4. Membantu perkembangan otak janin

Salah satu komponen kunci dalam memastikan perkembangan otak janin adalah kolin. Elemen ini sangat penting dalam mengembangkan sistem saraf yang kuat dan jaringan saraf yang tepat di seluruh tubuh.

Satu porsi alpukat memiliki sekitar 22 mg kolin. Jumlah ini cukup untuk mendukung proses perkembangan otak pada janin, Bunda.

5. Meredakan keluhan kram kaki

Sebagian besar ibu hamil pasti pernah mengalami kram kaki. Nah, kalium dan kalsium dapat membantu meredakan keluhan ini. Alpukat pun bisa menjadi pilihan yang cocok dengan proporsi yang substansial dari kedua mineral tersebut.

6. Membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah

Pengaturan porsi yang berlebihan dan mengidam sering kali dapat menyebabkan kadar kolesterol dan gula darah ibu hamil mudah melonjak naik. 

Dengan makan alpukat, kondisi ini berpotensi dapat dikurangi secara aktif karena nutrisi dalam buah ini membantu menjaga kolesterol dan gula darah tetap terkendali.

7. Salah satu sumber asam folat terbaik

Kurang konsumsi asam folat dapat berisiko menyebabkan janin mengalami kelainan. Bunda pun dapat mengonsumsi alpukat karena memiliki kandungan asam folat yang bermanfaat untuk pertumbuhan organ janin.

Apakah alpukat untuk ibu hamil trimester ketiga aman dikonsumsi?

Trimester ketiga merupakan tahap dalam kehamilan di mana janin masih mengalami proses pertumbuhan yang cukup banyak. Organ-organ dengan cepat terbentuk dan otak juga terus berkembang.

Selama fase ini, banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan, terutama serat, vitamin C dan vitamin K. Semua nutrisi ini terdapat dalam alpukat dalam jumlah besar, sehingga alpukat untuk ibu hamil trimester ketiga pun cocok dikonsumsi. 

Bagaimana cara tepat memilih alpukat berkualitas?

Saat Bunda hendak membeli alpukat, pilihlah dengan cermat. Tekan dengan lembut dan periksa kekencangan buahnya. Pilih yang tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Jika terlalu keras, tunggu sebentar sampai matang, tetapi jika terlalu lembek sebaiknya tidak dikonsumsi.

Memakannya dalam porsi cukup dan memilih yang berkualitas tinggi akan membantu Bunda mendapatkan manfaat sehat dari alpukat sebaik-baiknya.

Dalam kasus alergi atau masalah kesehatan lain, penting untuk mendapatkan persetujuan dokter sebelum Bunda menjadikan alpukat sebagai bagian dari diet saat hamil.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi