sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Makanan Enak yang Mengandung Asam Folat, Bagus untuk Bumil

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 24 Jun 2021 08:06 WIB
Pretty pregnant young woman having healthy breakfast while sitting on a couch caption

Jakarta - Asupan makanan sehat dan bergizi seimbang selama kehamilan sangatlah penting dipenuhi. Salah satunya yang tak boleh terlewatkan yakni makanan yang mengandung asam folat, Bunda.

Folat merupakan nama lain dari B9, salah satu dari delapan vitamin B. Seperti vitamin B lainnya, folat memainkan peran penting dalam metabolisme protein dan membantu membentuk DNA. Selain itu, asam folat juga diperlukan untuk produksi sel darah merah yang sehat. 

Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting terutama bagi Bunda yang sedang hamil. Untuk Bunda hamil, setidaknya membutuhkan 600 mcg per hari. Dengan memenuhi kebutuhan asam folat yang cukup dapat membantu mencegah cacat tabung saraf. 


Keberadaan asam folat juga diperlukan untuk pembentukan tabung saraf dalam beberapa minggu pertama perkembangan janin. Cacat tabung saraf yang sangat serius (NTDs) seperti spina bifida dan anencephaly dapat terjadi jika ada kekurangan selama periode kritis tersebut.

Banner Pria Pati TriliunerBanner Pria Pati Triliuner/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

"Asam folat tampaknya cukup penting dalam perkembangan sistem saraf," ujar Dr Mary Jane Minkin, seorang Clinical Professor of Obstetrics and Gynecology di Yale University, seperti dikutip dari laman Fatherly.

Penelitian menunjukkan bahwa risiko NTDs dapat diturunkan hingga 50 persen ketika Bunda hamil mengonsumsi asam folat yang direkomendasikan setiap hari selama kehamilan. 

Melansir dari WebMD, banyak makanan terutama sayuran berdaun hijau gelap menjadi makanan yang mengandung asam folat. Deretan makanan ini pun dapat menjadi asupan Bunda untuk memenuhi kebutuhan asam folat selama kehamilan.

Berikut ini beberapa di antaranya ya, Bunda:

1. Sayuran berdaun hijau 

banyak jenis sayuran berdaun hijau gelap memiliki konsentrasi folat yang tinggi. Seperti misalnya bayam di mana menyediakan 58mcg dalam 1 cangkir daun mentah dan 131mcg dalam porsi setengah cangkir yang dimasak. 

Pembahasan lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga buah-buahan yang bagus dikonsumsi ibu hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BROKOLI HINGGA TELUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi