sign up SIGN UP search


kehamilan

Alasan Bumil Tak Boleh Sembarangan Minum Obat Saat Flu, Kapan Harus ke Dokter?

Annisa Karnesyia Minggu, 04 Jul 2021 10:47 WIB
Ibu hamil sakit caption
Jakarta -

Flu dan bersin dapat terjadi saat memasuki musim hujan nih, Bunda. Kondisi ini pun bisa dialami Bunda selama masa kehamilan dan dapat mengganggu aktivitas.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr.Ilham Utama Surya, Sp.OG, mengatakan bahwa flu dan bersin adalah mekanisme tubuh ketika ada benda asing yang tak dikenali masuk ke dalam tubuh. Kedua kondisi tersebut lalu berupaya mengeluarkan benda asing ini, Bunda.

"Flu dan bersin ini adalah upaya tubuh untuk mengeluarkan zat-zat, kuman, virus, atau partikel asing yang bisa mengganggu tubuh," kata Ilham kepada HaiBunda, Rabu (30/6/21).


Meski terdengar mirip, flu dan bersin memiliki mekanisme kerja yang berbeda pada tubuh. Bersin adalah mekanisme langsung, sedangkan flu terjadi ketika tubuh sudah berupaya mengeluarkan benda asing yang tak dikenali dalam tubuh.

"Saat flu, tubuh sudah berupaya untuk meniadakan partikel asing, sehingga dibuat reaksi peradangan atau inflamasi di sekitar hidung dan tenggorokan," ujar dokter yang praktik di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo ini.

"Gejala yang muncul seperti pilek atau tenggorokan kering itu merupakan upaya untuk mengisolasi virus atau partikel supaya tidak berkembang di tubuh."

Saat terkena flu dan bersin, Bunda bisa mengonsumsi obat yang aman digunakan saat hamil ya. Penggunaan obat-obatan ini sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.

Menurut Ilham, obat-obatan untuk ibu hamil serba terbatas. Beberapa obat flu terbukti ada yang bisa memengaruhi janin karena kandungannya menempuh ke plasenta.

"Jadi obat ini harus dipilih yang tidak diteruskan ke janin. Beberapa obat flu itu melewati plasenta sehingga bisa memengaruhi janin. Takutnya kalau dengan obat ini malah bisa mengganggu tumbuh kembang janin. Makanya, pemilihan obat tertentu harus sesuai anjuran dokter," ujarnya.

Meski terdengar tidak berbahaya, Bunda mungkin harus ke dokter bila mengalami kondisi tertentu. Lalu pada kondisi apa Bunda hamil harus ke dokter ya? Baca halaman berikutnya.

Simak juga tips atasi stres saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KONDISI FLU DAN BERSIN YANG HARUS KE DOKTER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi