sign up SIGN UP search


kehamilan

Kebutuhan Zat Besi Ibu Hamil Selama 3 Trimester, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Minggu, 13 Sep 2020 09:07 WIB
Healthy product rich of iron. Natural sources of ferrum. Selective focus caption
Jakarta -

Tahukah Bunda, bahwa zat besi menjadi hal yang perlu diperhatikan selama kehamilan? Tubuh membutuhkan zat besi dalam memproduksi darah ekstra (hemoglobin) untuk Bunda dan bayi. Zat besi juga membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan ke bayi.

Zat besi mencegah kekurangan sel darah merah atau biasa disebut anemia. Mengutip WebMD, anemia dapat menyebabkan bayi lahir terlalu kecil atau terlalu dini (prematur).

Saat hamil tentu kita selalu ingin dalam kondisi prima kan, Bunda? Begitu pula dengan si kecil dalam kandungan yang perlu dijaga kesehatannya agar terlahir sempurna.


Nah, berapa sih jumlah zat besi ibu hamil selama tiga trimester? Pastinya, jumlah zat besi tiap trimester berbeda, Bunda.

Menurut Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., ibu hamil membutuhkan zat besi lebih banyak dari wanita normal. Zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukkan sel-sel darah merah janin sebesar 246 mg, sementara kebutuhan zat besi untuk plasenta sebesar 134 mg.

Jadi, untuk memperbanyak sel-sel darah ibu hamil sebesar 290 mg. Belum lagi untuk meningkatkan massa hemoglobin (Hb) termasuk simpanan sebesar 500 mg.

"Jika ditotal jumlahnya adalah 1.170 mg," tulis Rita di bukunya, Menu dan Resep untuk Ibu Hamil.

Trimester 1

Pada trimester 1, belum ada peningkatan kebutuhan zat besi secara drastis, Bunda. Sehingga kecukupan zat besinya sama dengan wanita muda yang masih menstruasi yaitu 26 mg/hari.

Trimester 2

Di trimester 2, jelas kebutuhan nutrisi termasuk zat besi meningkat karena janin terus tumbuh dan berkembang. Nah, angka kecukupan zat besi di trimester 2 adalah 35 mg/hari.

Trimester 3

Di trimester 3, selain untuk tumbuh kembang janin dan Bunda, kebutuhan zat besi meningkat karena untuk persiapan melahirkan. Berapa jumlahnya? Di trimester 3, Bunda membutuhkan zat besi sebanyak 39 mg/hari.

Sayangnya, kebutuhan zat besi pada ibu hamil terkadang sulit dipenuhi dari makanan sehari-hari. Masih ada ibu hamil yang suka pilih-pilih makanan atau makannya yang itu-itu saja.

Untuk itu, Rita menyarankan agar makan seimbang. Bunda bisa mendapatkan zat besi dari lauk hewani dan juga sayuran hijau. Jadi, jangan sampai kekurangan zat besi, karena berdampak pada kesehatan Bunda sendiri dan janin.

Simak juga penyebab kaki dan tangan bengkak saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi