sign up SIGN UP search


kehamilan

Selamat! Gal Gadot 'Wonder Woman' Melahirkan Bayi Perempuan

Annisa Karnesyia Kamis, 01 Jul 2021 16:45 WIB
PENYEBAB MOOD SWING SAAT HAMIL
10 Potret Cantik Gal Gadot di Belakang Layar Wonder Woman caption

Perubahan suasana hati atau emosional kerap dialami selama kehamilan. Perubahan ini terjadi karena hormon kehamilan ya, Bunda.

Secara khusus ada dua hormon yang begitu berpengaruh, yakni estrogen dan progesteron. Menurut Anita Sadaty, MD, dokter kandungan di Northwell Health, and pendiri Redefining Health Medical, tingkat estrogen melonjak selama 12 minggu pertama kehamilan dan meningkat lebih dari 100 kali.

"Estrogen dikaitkan dengan serotonin kimia otak. Anda mungkin tahu serotonin sebagai hormon 'bahagia', yang dicoba untuk ditingkatkan oleh obat anti-depresi. Tetapi serotonin bukanlah koneksi langsung ke kebahagiaan," kata Sadaty, mengutip Very Well Family.


Perubahan hormon dan fluktuasi pada neurotransmitter inilah yang dapat menyebabkan disregulasi emosional. Mood swing pada Bunda hamil bisa berbeda-beda, dari gembira menjadi marah, sedih, atau depresi.

Perubahan emosional ini biasanya enggak berlangsung lama kok. Meski begitu, Bunda perlu membicarakannya pada suami supaya tidak menimbulkan konflik ya.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!