sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Ini Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Vitamin C saat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 15 Jul 2021 13:50 WIB
Side view of unrecognizable pregnant woman cutting oranges for healthy breakfast in morning, copy space caption

Jakarta - Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi seimbang dan vitamin tentu sangat penting untuk dipenuhi ya, Bunda. Nah, salah satu nutrisi yakni vitamin C disebut perlu dijadikan asupan rutin bagi ibu hamil.

Melansir Whattoexpectvitamin C berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat di dalam kandungan. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air dan memiliki sifat antioksidan yang penting untuk kehamilan. Berikut peran penting vitamin C bagi ibu hamil dan janinnya:

Meskipun dikenal sebagai penambah kekebalan, vitamin C juga memainkan peran penting dalam perkembangan bayi dan bahkan dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu.


Vitamin C mengandung asam L-ascorbic yang larut dalam air dan dibutuhkan tubuh setiap hari. Tubuh manusia sendiri tidak dapat menyimpan vitamin C sehingga Bunda akan membutuhkan pasokan segar dari makanan setiap harinya.

Selama kehamilan, vitamin C sangat penting untuk Bunda dan bayi. Bunda membutuhkannya untuk perbaikan jaringan dan penyembuhan luka serta membantu perkembangan tulang serta gigi bayi.

Vitamin C juga membantu produksi kolagen tubuh, membantu meningkatkan kekebalan, dan meningkatkan kemampuan dalam menyerap zat besi. Beberapa penelitian menghubungkan kadar vitamin C dalam darah yang rendah selama kehamilan dengan preeklamsia. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk memastikan Bunda mengonsumsi cukup vitamin C saat hamil.

Adapun kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil usia 19 tahun ke atas yakni sekira 85 miligram setiap harinya. Usahakan untuk memasukkan tiga porsi buah dan sayuran kaya vitamin C per hari agar tubuh tetap sehat.

"Vitamin C merupakan antioksidan dan penting untuk memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi ibu hamil," ujar Dr Kadakkall Radhakrisnan, MD, seorang ahli gastroenterologi seperti dikutip dari laman Cleveandclinic.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang kebutuhan asam folat saat hamil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



Mengapa Vitamin C Ibu Hamil Penting Dikonsumsi?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi