sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Buah Srikaya Bagi Ibu Hamil yang Jarang Diketahui Orang

Nanie Wardhani Selasa, 20 Jul 2021 09:20 WIB
custard apple on the tree fruit of thailand Ilustrasi manfaat buah srikaya untuk bunda hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AboutnuyLove

Buah srikaya adalah salah satu buah tropis yang kaya manfaat dan keistimewaan. Namun apakah Bunda sudah tahu apa saja manfaat buah srikaya yang bagus bila dikonsumsi saat hamil? Nah untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak lengkapnya seperti dilansir dari Healthline berikut ini Bunda.

1. Dapat meningkatkan mood

Karena meningkatnya perubahan hormon, maka mood bunda hamil juga biasanya akan terkena dampaknya. Nah, buah srikaya dapat membantu bunda hamil dalam mengatur suasana hatinya agar lebih baik. Buah srikaya adalah sumber vitamin B6 (piridoksin) yang sangat baik. Faktanya, 1 cangkir (160 gram) buah mengandung 24 persen dari Referensi Asupan Harian (RDI).

Vitamin B6 memainkan peran penting dalam penciptaan neurotransmiter, termasuk serotonin dan dopamin, yang membantu mengatur suasana hati Bunda.


Tingkat yang tidak memadai dari vitamin ini dapat menyebabkan gangguan mood.

Faktanya, kadar vitamin B6 dalam darah yang rendah terkait dengan depresi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Satu studi pada orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa kekurangan vitamin B6 menggandakan kemungkinan seseorang mengalami depresi.

Dengan meningkatkan kadar vitamin penting ini, makan makanan seperti buah srikaya dapat membantu mengurangi risiko depresi terkait dengan kekurangan vitamin B6 serta sekaligus meningkatkan suasana hati pada bunda hamil.

2. Dapat mencegah tekanan darah tinggi

Buah srikaya kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah, seperti potasium dan magnesium. Khususnya, 1 cangkir (160 gram) buah menawarkan 10 persen RDI untuk kalium dan lebih dari 6 persen RDI untuk magnesium.

Baik kalium dan magnesium meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang pada gilirannya membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, serta potensi terjadi pre-eklampsia pada bunda hamil. Tekanan darah tinggi yang terjadi pada bunda hamil bisa berdampak fatal bagi dirinya dan juga janin yang sedang dikandungnya.

Satu ulasan mencatat bahwa mengonsumsi DV untuk kalium – 4.700 mg per hari – dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing sekitar 8 dan 4 mm Hg.

Ulasan lain menemukan hubungan terbalik antara asupan magnesium dan risiko tekanan darah tinggi, ketika membandingkan orang dengan asupan magnesium tertinggi dengan mereka yang asupan terendah. Setiap tambahan 100 mg per hari asupan magnesium dikaitkan dengan risiko 5 persen lebih rendah dari tekanan darah tinggi.

3. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Bunda hamil harus senantiasa menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terserang penyakit. Karena jika bunda hamil mengalami sakit atau demam, maka biasanya penyakit tersebut bisa berdampak pada kehamilannya.

Seperti buah tropis lainnya, buah srikaya sarat dengan vitamin C, nutrisi yang mendukung kekebalan dengan melawan infeksi dan penyakit.

Kekurangan vitamin C terkait dengan gangguan kekebalan dan peningkatan risiko infeksi. Penelitian pada manusia lebih lanjut mengungkapkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi durasi flu biasa. Namun, penelitian beragam dan sebagian besar berfokus pada suplemen daripada vitamin C makanan.

Mengonsumsi buah srikaya dan makanan lain yang kaya vitamin ini adalah cara mudah untuk memastikan kesehatan dan kekebalan tubuh yang memadai.

4. Membantu melawan kelelahan

Dilansir dari Healthify Me, kelelahan dapat diakibatkan oleh sejumlah faktor, termasuk gaya hidup sehari-hari, penyakit, serta pengaruh perubahan hormon yang terjadi pada bunda hamil. Satu porsi 100 gram buah srikaya mengandung 101 kilo kalori (Kkal), yang kira-kira sekitar 5% dari tunjangan diet yang direkomendasikan. Buahnya akan membuat Bunda tetap menjalani aktivitas sehari-hari tanpa repot.

5. Mencegah anemia

Anemia terjadi karena adanya gangguan di dalam tubuh. Ini menyebabkan tubuh memiliki jumlah hemoglobin atau sel darah merah yang kurang dari biasanya. Sel darah merah menggunakan hemoglobin untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, memungkinkan asupan nutrisi yang ada dalam darah dapat tersalurkan dengan baik kepada janin yang sedang dikandung oleh bunda hamil.

Jumlah sel darah merah atau hemoglobin yang lebih rendah menyebabkan darah kekurangan jumlah oksigen yang cukup, baik bagi bunda, maupun bagi janin yang dikandungnya. Hal ini membuat paru-paru dan jantung bekerja lebih keras untuk menghasilkan lebih banyak oksigen. Buah srikaya dikenal sebagai hematinik serta ekspektoran, yang membantu dalam menangani kondisi seperti anemia.

Demikian berbagai manfaat buah srikaya bagi bunda hamil. Yuk dinikmati buahnya dan rasakan manfaatnya pada tubuh dan janin Bunda.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi