sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil, Menambah Energi hingga Cegah ISK

Annisa Karnesyia Jumat, 16 Jul 2021 15:25 WIB
Ibu hamil makan tomat caption
Jakarta -

Bunda lagi mencari bahan makanan yang bisa menambah energi saat hamil? Coba deh konsumsi tomat sebagai bahan tambahan makanan sehari-hari.

Tomat secara botani adalah buah-buahan yang berasal dari keluarga tumbuhan Solanaceae. Meski dikenal sebagai buah, tomat umumnya disajikan seperti sayuran.

Tomat adalah sumber makanan bernutrisi yang dapat dikonsumsi selama hamil. Buah yang umumnya berwarna merah ini mengandung mikroutrien terbaik untuk menjaga kesehatan Bunda dan janin dalam kandungan.


Nutrisi tomat

Tomat terdiri dari sekitar 95 persen air. Sisanya 5 persen adalah karbohidrat dan serat.

Kandungan karbohidrat di tomat cukup rendah, yakni sekitar 4 persen di tomat mentah. Jumlahnya ini masih kurang dari 5 gram untuk ukuran tanaman serupa.

Sementara itu, kandungan serat di tomat adalah 1,5 gram untuk ukuran rata-rata. Sekitar 87 persen adalah serat tidak larut, yakni hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

"Tomat segar mengandung rendah karbohidrat yang terdiri dari gula sederhana dan serat tidak larut. Sebagian besar kandungan tomat adalah air," kata pakar nutrisi Adda Bjarnadottir, MS, RDN, dilansir Healthline.

Tomat mengandung cukup banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama hamil. Dalam satu tomat ukuran sedang mengandung sekitar 28 persen vitamin C sesuai referensi asupan harian tubuh. Selain itu, tomat juga mengandung asam folat (B6), vitamin K atau phylloquinone, dan potasium.

Jenis buah dari tumbuhan Solanaceae ini pun memiliki senyawa yang sangat bervariasi. Berikut beberapa senyawa dalam tomat:

  • Likopan: merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan.
  • Beta karoten: antioksidan yang memberikan warna kuning atau orange pada makanan. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.
  • Naringenin: senyawa yang ditemukan di kulit tomat dan telah terbukti bisa mengurangi peradangan.
  • Asam klorogenat: senyawa antioksidan kuat yang dapat menurunkan tekanan darah.
Ibu hamil makan tomatIbu hamil makan tomat/ Foto: iStock

Manfaat tomat untuk ibu hamil

Tomat adalah jenis buah yang cocok dimasak dengan sayuran atau dibuat jus dengan buah lain. Buah berwarna kemerahan ini juga memiliki segudang manfaat buah ibu hamil lho. Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat buah tomat untuk Bunda hamil:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin A dan C di tomat dapat meningkatkan imunitas tubuh, Bunda. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, sementara vitamin A dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan memperbaiki jaringan setelah melahirkan.

2. Mencegah kelainan bawaan pada bayi

Tomat mengandung likopen, yakni antioksidan kuat yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh. Senyawa ini juga dapat mencegah preeklampsia dan kelainan bentuk bawaan pada bayi.

Selain likopen, tomat pun mengandung asal folat. Seperti kita tahu, asam folat sangat dibutuhkan selama kehamilan karena dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

3. Menjaga kesehatan kulit

Saat hamil, kulit Bunda bisa dua kali lebih sensitif dibandingkan sebelum hamil. Untuk itu, Bunda perlu merawat kulit agar tidak gampang rusak ya.

Makan tomat dapat menjadi cara alami menjaga kesehatan kulit lho, Kandungan likopen di buah ini ternyata juga bisa melindungi kulit dari sinar matahari.

4. Menambah energi

Bunda membutuhkan energi tambahan selama hamil agar tak gampang lemas ya. Energi juga dibutuhkan untuk membuat tubuh kuat guna mempersiapkan pertumbuhan bayi.

Tomat berukuran sedang mengandung sekitar 22 kalori. Kandungan kalori ini cukup untuk menambah energi dan kekuatan, namun tidak bisa meningkatkan kadar gula. Tomat adalah makanan tepat bagi Bunda yang rentan terhadap penyakit diabetes gestasional.

5. Antiseptik alami

Buah tomat bersifat antiseptik. Artinya, buah ini bisa membantu tubuh melawan infeksi selama masa kehamilan.

6. Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah kondisi yang bisa dialami Bunda saat hamil. Masalah medis ini bisa dicegah dengan konsumsi tomat lho.

Tomat memiliki kandungan air yang cukup banyak. Kandungan inilah yang akan membantu melancarkan buang air kecil dan mencegah risiko ISK.

7. Mengurangi risiko pendarahan

Vitamin K di tomat dapat mencegah hingga mengurangi risiko pendarahan selama kehamilan. Selain itu, vitamin ini juga baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Efek samping makan tomat

Bunda sebaiknya tidak berlebihan makan tomat saat hamil ya. Mengutip Mom Junction, kelebihan konsumsi tomat bisa menyebabkan masalah seperti:

  1. Perut mulas karena kandungan asam di tomat.
  2. Menyebabkan masalah pencernaan, seperti perut sakit dan kembung.

Tips memilih tomat

Memilih tomat untuk dimakan enggak boleh sembarangan ya, Bunda. Berikut 5 tips memilih tomat:

  1. Pilih tomat yang berwarna merah cerah dan tidak terlihat rusak, bernoda, atau ada bintik hitam. Varietas tomat yang pucat bisanya tidak enak, Bunda.
  2. Pilih yang segar atau langsung didapatkan dari petani tomat. Jenis tomat ini biasanya aman dan bebas bahan kimia.
  3. Pilihlah yang tidak terlalu lunak atau terlalu keras.
  4. Pilih tomat yang berat atau tampak padat karena mengandung banyak air.
  5. Cium aroma batang atau badan tomat sebelum membeli. Aroma yang kuat dapat menjadi tanda bahwa tomat itu berkualitas.
(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi