sign up SIGN UP search


kehamilan

Curhat Ifan Seventeen & Istri Kehilangan Janin Kembar: Sedih tapi Ikhlas

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 01 Aug 2021 20:30 WIB
Ifan Seventeen dan Citra Monica caption
Jakarta -

Rencana Ifan Seventeen dan istrinya, Citra Monica, untuk memiliki momongan pupus. Belum lama ini, Ifan dan Citra Monica curhat tentang kegagalan proses bayi tabung yang dijalani keduanya di media sosial.

Dalam unggahan di Instagram, Ifan menceritakan tentang kondisi dua embrio istrinya yang dinyatakan aneuploid. Dua embrio anak laki-laki yang berusia lima hari itu tidak bisa ditanam ke dalam rahim Citra karena kondisinya tidak baik, Bunda.

"Dibilang sedih mah pasti sedih, dibilang kecewa ya pasti ada, ternyata embrio-embrio yang kita punya semuanya aneuploid, yang artinya dalam kondisi tidak baik jadi tidak disarankan untuk ditanam ke perut mamanya," tulis Ifan, dikutip dari Instagram, Minggu (1/8/21).


"Ikhlas ga ikhlas, terima ga terima, kita mesti relain embrio2 yang ada yang kemaren sudah sempet kita berdua liat pertumbuhannya (ga kebayang kalo udah jadi janin di perut sedihnya ya)," sambungnya.

Ifan Seventeen dan Citra MonicaIfan Seventeen dan Citra Monica/ Foto: Instagram @ifanseventeen

Kesedihan yang sama juga dirasakan Citra Monica. Namun, wanita 36 tahun itu juga berusaha untuk ikhlas dan mengaku akan terus berjuang untuk memiliki momongan.

"Jadi aku dan suami harus ikhlas, harus terima untuk relain embrio2 ku yang sudah sempat kita lihat pertumbuhannya ini," ungkap Citra Monica.

"SEDIH!!! iya sedih banget. Tapi gimana pun juga, aku harus ikhlas dan harus semangat untuk berjuang lagi. ini sudah takdir Allah."

Di akhir unggahannya, Citra Monica meminta doa dari masyarakat untuk kelancaran program hamil alias promilnya, Bunda. Ia pun mengaku sudah bersiap untuk kembali menjalani terapi untuk punya momongan.

"Bismillah, doakan aku promil berikutnya lancar ya teman-teman. Insha Allah beberapa siklus ke depan aku akan jalani terapi dulu sebelum mulai stimulasi lagi. Semangat suntik-suntik aku lagi ya yang @ifanseventeen," ujar Citra Monica.

Kondisi embrio aneuploid memang bisa terjadi dalam program bayi tabung seperti yang dialami Citra Monica. Lalu apa sih embrio aneuploid itu ya, Bunda?

Selengkapnya bisa dibaca di halaman berikutnya ya.

Simak juga penjelasan dokter tentang proses bayi tabung, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KONDISI EMBRIO ANEUPLOID PADA BAYI TABUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!