sign up SIGN UP search


kehamilan

Obat COVID-19 Gratis untuk Pasien Isoman, Amankah untuk Bumil?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 06 Aug 2021 08:09 WIB
Young beautiful pregnant asian woman standing and touching belly near the window in bedroom. Pregnancy, motherhood wearing virus protection mask mouth concept. caption
Jakarta -

Pemerintah menganjurkan pasien COVID-19 tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan untuk isolasi mandiri alias isoman di rumah. Nah, selama isoman, ada beberapa jenis multivitamin dan obat yang perlu dikonsumsi.

Untuk memudahkan masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuat layanan konsultasi telemedicine khusus pasien isoman. Layanan ini bisa diakses melalui isoman.kemkes.go.id. Untuk sementara, program ini hanya tersedia di beberapa wilayah Indonesia.

"Dengan layanan telemedisi ini semua pasien COVID-19 konfirmasi positif mendapatkan layanan medis tepat waktu, tanpa perlu antri di RS. Dengan demikian layanan rumah sakit dapat diprioritaskan untuk pasien dengan gejala sedang dan berat," tulis Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.


Di dalam website, ada beberapa layanan yang bisa digunakan pasien COVID-19, seperti panduan, konsultasi, dan layanan tebus resep. Salah satu manfaat layanan ini adalah mendapatkan resep obat gratis, Bunda.

Ada dua paket obat gratis sesuai gejala yang ditanggung Kemenkes. Paket A untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) bisa mendapatkan multivitamin C, B, E, Zinc secara gratis. Sedangkan, Paket B untuk yang bergejala ringan bisa mendapatkan multivitamin serupa, ditambah Parasetamol tab 500mg, Azitromisin 500mg, dan Oseltamivir 75mg.

Namun, belum lama ini Kemenkes memutuskan untuk mencoret Azitromisin dan Oseltamivir dari Paket B obat gratis COVID-19. Anjuran pemberian obat untuk OTG adalah vitamin C, D, dan obat-obatan suportif. Sedangkan, pasien dengan gejala ringan dianjurkan minum vitamin C, D, obat-obatan suportif, favipiravir, dan pengobatan simtomatis.

Terkait paket obat gratis ini, pemerintah melakukan pencocokan obat dengan tatalaksana COVID-19. Imbasnya adalah komposisi obat untuk pasien COVID-19 berubah.

"Kami sudah melakukan adjustment, perbaikan dari jadwal produksi, dan paket-paket obat yang ada untuk bisa mencocokkan dengan tatalaksana protokol COVID-19 yang baru," kata Menkes Budi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Lalu apa daftar vitamin untuk terapi COVID-19 ini aman digunakan pada ibu hamil ya? Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya.

Simak juga saran dokter kandungan untuk bumil yang terpapar COVID-19, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
VITAMIN DAN OBAT COVID-19 UNTUK BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!