sign up SIGN UP search

kehamilan

Ibu Positif COVID-19 Melahirkan dalam Kondisi Koma, Nyawa Terancam & Bayinya?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 13 May 2021 12:10 WIB
Baby, Newborn, Hand, Pregnant, Sleeping caption
Jakarta -

Marriam Ahmad tak pernah menyangka akan melahirkan buah hatinya dengan proses yang rumit. Semuanya bermula saat wanita 27 tahun ini kontrol ke Grange Hospital di Cwmbran, Inggris Raya, dan dinyatakan positif COVID-19.

Kondisi Marriam yang sedang hamil ketika itu semakin menurun karena dia mengidap asma, Bunda. Ia ingat bahwa saat itu dirinya berada dalam kondisi yang sangat menakutkan.

"Tiba-tiba, masker oksigen saya diatur dengan pengaturan yang sangat tinggi. Saya tidak bisa mendengar dengan baik. Suaranya sangat keras. Saya memiliki seseorang untuk membasuh wajah dan menjaga karena saya sangat lemah," kata Marriam Ahmad, dikutip dari BBC.


Di usia kehamilan 29 minggu, Marriam harus menghadapi situasi yang menyulitkan. Dokter mulai bicara tentang operasi caesar dan awalnya mengatakan bahwa Marriam akan terjaga sepanjang waktu operasi. Namun, dia diberi tahu bahwa bayinya mungkin tidak akan cukup kuat untuk bertahan hidup.

Tim medis lalu memutuskan Marriam harus melahirkan dalam kondisi koma, Bunda. Saat itu, dokter memegang tangannya dan berkata bahwa dia mungkin tidak akan selamat.

"Ini terjadi begitu cepat, sekitar lima menit mereka mengatakan kepada saya 'Anda akan menggunakan ventilator, menjalani operasi caesar, bayi akan keluar, Anda akan pingsan, dan mungkin Anda tidak akan bisa selamat. Jadi ucapkan selamat tinggal'," ujar Marriam.

Mendengar penjelasan dokter, Marriam langsung menelepon orang tuanya di Swansea, sementara dokter menelepon suaminya di Newport. Suami Marriam, Usman, diketahui sedang bersama putra pertama mereka yang berusia satu tahun.

"Saya bahkan tidak berbicara dengan suami dan putra saya. Saya juga tidak pernah meninggalkan putra saya, bahkan untuk satu malam pun," katanya.

"Saya melakukan panggilan video dengan orang tua dan saya menangis. Itu seperti panggilan selama dua menit dan ibu saya seperti bertanya, 'Apa yang kamu bicarakan?'. Saya begitu kesepian dan takut," sambungnya.

Perjuangan Marriam dimulai saat dia dikondisikan koma dan melahirkan. Seperti apa ceritanya?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga persiapan dan tips melahirkan normal, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MARRIAM MELAHIRKAN, BAGAIMANA BAYINYA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!