sign up SIGN UP search


kehamilan

11 Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Dicatat Dulu Biar Enggak Boros, Bun

Tim HaiBunda Minggu, 05 Sep 2021 14:36 WIB
Ilustrasi perlengkapan bayi baru lahir caption
Jakarta -

Untuk Bunda yang sedang mempersiapkan kelahiran Si Kecil, perlengkapan bayi baru lahir terlihat sangat lucu-lucu dan menarik mata ya. Apalagi ukuran dan warnanya bikin hati gemas ingin meremas-remas.

Tapi tahan ya, Bun karena nyatanya saat Si Kecil lahir, akan banyak dari barang-barang tersebut yang tidak terpakai. Daripada Bunda boros dan barang yang ada malah sia-sia, disimak dulu yuk apa saja sih perlengkapan bayi yang benar-benar terpakai.


Perlengkapan bayi baru lahir

Perkembangan Janin Usia 2 BulanPerkembangan Janin Usia 2 Bulan/ Foto: Mia Kurnia Sari

1. Baju

Pilih pakaian dengan bahan nyaman untuk ukuran 0 - 3 bulan. Pastikan bahannya tidak kasar dan mudah untuk dipakaikan ke Si Kecil.


Bunda bisa memilih baju untuk tidur, baju siang hari yang lebih adem, baju hari-hari, dan baju untuk pergi. Masing-masing jumlahnya tidak perlu banyak, Bun karena Si Kecil akan cepat tumbuh. Beli secukupnya dan persiapkan budget untuk baju ukuran lebih besar sesuai perkembangan tubuh dan usianya.

2. Popok

Untuk popok bayi ada dua macam, popok bayi yang sekali pakai dan popok bayi kain. Bunda bisa memilih mana yang cocok dengan kebutuhan Bunda.

Ketahui dulu bahwa masing-masing popok ini punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari popok sekali pakai adalah praktis. Namun, kekurangannya adalah membutuhkan budget lebih dan tidak ramah lingkungan.

Sedangkan popok kain kelebihannya adalah bisa digunakan berulang kali karena bisa dicuci dan hemat. Namun, kekurangannya adalah popok ini akan menjadi beban cucian kotor dan membuat bayi gampang tidak nyaman karena terasa basah/kotor.

3. Selimut bayi

Pilih yang berbahan hangat dan tidak menimbulkan alergi ya, Bun.

4. Topi dan kaus kaki

Tidak perlu banyak, yang penting bisa menutupi bagian atas kepalanya yang masih ringkih. Sedangkan kaus kaki untuk melindunginya dari dingin dan nyamuk.

5. Handuk


6. Perlengkapan mandi bayi

Bak mandi bayi bayi, minyak telon, sabun-sampo berbahan lembut, dan sisir bayi. Jika memang dibutuhkan, tambahkan krim anti-ruam popok.

Ada lima lagi perlengkapan bayi baru lahir yang bisa Bunda beli. Simak di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bun.

Simak juga video berikut mengenai tujuh tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat pembukaan melahirkan.

[Gambas:Video Haibunda]



Perlukah Beli Botol Susu Bayi?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!