sign up SIGN UP search


kehamilan

Kisah Amanda Zevannya Pernah Alami Postpartum Depression Usai Melahirkan

Annisa Karnesyia Selasa, 07 Sep 2021 17:55 WIB
Amanda Zevannya caption
Jakarta -

Presenter dan runner up pertama Miss Indonesia 2011, Amanda Zevannya, ternyata sempat mengalami postpartum depression usai melahirkan anak pertamanya, Gennesaret Benjamin Simanjuntak. Amanda pernah sampai melukai dirinya sendiri karena kondisi ini, Bunda.

Wanita 30 tahun ini merasa tidak siap menjadi seorang ibu karena kehamilannya tidak direncanakan. Tak hanya itu, Amanda juga sempat berpikir bahwa kariernya akan berakhir setelah menjadi ibu.

"Itu gue ngerasa pas punya anak, itu the end of my career, gue hancur. Apa lagi ada yang bilang 'kalau cowok mah di entertainment masih panjang, mau punya anak juga sampai tua bisa, tapi kalau cewek mah susah kalau punya anak enggak laku lagi'," kata Amanda, dikutip dari YouTube Daniel Mananta Network, Selasa (7/9/21).


"Kenapa gue bisa berpikir begitu? Karena sebenarnya waktu gue hamil, gue dalam kondisi enggak siap. Waktu nikah, sempat bilang sama dia (suami) untuk tunda anak dahulu setahun," sambungnya.

Banner Putri Ahok dan Puput

Setelah menikah, Amanda sebenarnya sudah memiliki segudang rencana untuk karier dan kehidupan pribadinya. Ia berencana untuk melakukan perjalanan spiritual dengan sang suami yang berprofesi sebagai pendeta.

Namun, setelah pulang bulan madu, Amanda justru positif hamil. Dalam kondisi tidak siap, wanita kelahiran Jakarta ini juga harus menghadapi beragam keluhan kehamilan yang membuatnya sempat masuk rumah sakit.

"Kehamilan gue juga berat, masuk rumah sakit, muntah-muntah parah, gue minum air putih saja sampai keluar jadi dehidrasi. Jadi kayak gue enggak siap jadi ibu dan hamil," ujarnya.

Ketika sang buah hati lahir tepat di hari Natal 2018, Amanda semakin tertekan. Rencananya kembali berantakan karena waktu kelahiran anak yang lebih cepat dari Haru Perkiraan Lahir (HPL).

Sejak anaknya lahir, Amanda mengaku belum siap menerima peran baru sebagai ibu. Beragam masalah mengurus anak yang muncul membuat kondisinya semakin menurun hingga sulit menjalin bonding dengan sang putra.

"Habis Natal, sleepless night datang, gue benar-benar enggak siap dan rela menerima peran baru sebagai ibu. Gue nyusuin anak awalnya ASI enggak keluar, terus sakit, enggak tidur karena capek. Akhirnya, gue sama anak gue, susah banget bondingnya," ungkap Amanda.

"Gue itu bingung, ini anak mesti gue apain. Ya gue sayang sih, tapi lebih ngerasa kayak tanggung jawab bukan anugerah."

Saat mengalami postpartum depression, Amanda Zevannya sempat menyakiti dirinya sendiri. Simak kisah lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga gejala dan cara mengatasi PCOS yang bisa bikin wanita sulit hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SEMPAT MENYAKITI DIRI SENDIRI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!