sign up SIGN UP search


kehamilan

Suami Juga Bisa Alami Depresi Pasca Istri Melahirkan, Kenali 6 Gejalanya Bun

Annisa Karnesyia Rabu, 13 Oct 2021 15:05 WIB
Ayah dan anak Ilustrasi Ayah dan Anak/ Foto: iStock
Jakarta -

Depresi pasca melahirkan atau Post Partum Depression (PPD) juga bisa dialami pria lho, Bunda. Kondisi ini enggak bisa dianggap sepele karena bisa memengaruhi pola asuh ayah ke anaknya yang baru lahir.

Depresi pasca melahirkan adalah kondisi yang ditandai dengan hilangnya rasa senang atau berkurangnya minat dalam melakukan aktivitas. Seseorang dengan depresi pasca melahirkan bisa mengalami kelelahan terus-menerus.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association menemukan bahwa 10 persen pria di dunia sudah menunjukkan tanda mengalami depresi di trimester awal kehamilan istrinya sampai enam bulan setelah anaknya lahir. Angka tersebut melonjak menjadi 26 persen selama periode tiga hingga enam bulan setelah kelahiran bayi.


"Angka itu lebih dari dua kali tingkat depresi yang biasanya ditemukan pada pria," kata James F. Paulson, Profesor Psikologi di Old Dominion University, Virginia, dilansir Parents.

Baim Wong Adzankan Anak KeduaFoto: Mia Kurnia Sari

Paulson sebagai penulis utama studi ini, meneliti 43 penelitian terhadap lebih dari 28.000 ayah di seluruh dunia.

"Fakta bahwa begitu banyak calon ayah dan ayah baru mengalami depresi pasca melahirkan membuatnya menjadi masalah kesehatan masyarakat yang signifikan. Masalah ini juga sebagian besar diabaikan oleh dokter dan penyedia kesehatan mental," ujar Paulson.

Menurut ulasan di Mental Health in Family Medicine tahun 2011, disebutkan bahwa para ayah mengungkapkan ketakutan, kebingungan dan kemarahan, dan rasa khawatir dengan istrinya. Mereka juga merasa tidak mampu membantu mengatasi masalah yang dialami istrinya, Bunda.

Beberapa faktor risiko depresi pasca melahirkan pada pria adalah riwayat penyakit, ketidakstabilan hubungan, masalah keuangan, stres, dan bayi yang sakit atau lahir prematur. Namun, salah satu penyebab utamanya bisa karena depresi yang juga dialami istri.

Lalu apa saja tanda depresi pasca melahirkan yang dialami ayah ya? Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga 4 kelebihan melakukan hubungan seks saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TANDA DEPRESI PASCA MELAHIRKAN PADA PRIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!