sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Keuntungan Ketika Berhubungan Seks Saat Hamil

Meita Fajriana Sabtu, 25 Sep 2021 20:20 WIB
Happy pregnant woman with her husband in the room. caption

Jakarta - Banyak pasangan takut berhubungan seks saat hamil karena khawatir akan berdampak buruk pada janinnya. Sebenarnya, berhubungan seks dapat dilakukan selama hamil Bunda, tentunya dengan cara yang aman ya. Lantas seperti apa cara aman berhubungan seks saat hamil?

Melansir dari laman Healthline, saat hamil ada beberapa hormon yang memengaruhi keinginan berhubungan seks Bunda. Seperti pada awal kehamilan, biasanya para Bunda tidak ingin berhubungan seks. Hal ini normal kok Bunda. Keadaan ini bisa dipengaruhi apa saja, mulai dari hormon Bunda hingga membiasakan diri dengan tubuh baru Bunda. Nah, pada trimester dua, barulah keinginan Bunda berhubungan seks lebih tinggi. 

“Biasanya, trimester kedua adalah titik emas,” kata Holly Richmond, terapis seks klinis dan terapis pernikahan dan keluarga berlisensi di New York, Amerika Serikat.


Pada trimester kedua, morning sickness biasanya sudah terlewati dan Bunda baru saja menerima dan melihat jelas perubahan pada tubuh dan perut Bunda. Momen ini sangat pas untuk berhubungan seks dengan Ayah nih Bunda. Sedangkan memasuki trimester ketiga kehamilan, perut yang membesar bisa mulai membuat seks menjadi lebih sulit dan tidak nyaman Bunda. 

Banner Tips Parenting Anak CerdasBTips Parenting Anak Cerdas/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Kecuali jika dokter atau bidan Bunda memiliki alasan yang tegas dan spesifik untuk tidak melakukan hubungan seksual, hal ini benar-benar aman baik untuk Bunda, pasangan Bunda, dan bayi Bunda yang sedang berkembang. Bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa seks saat hamil tidak hanya aman, namun juga baik untuk kesehatan Bunda juga lho.

Wanita yang mengalami orgasme selama kehamilan mendapat manfaat dari hormon yang menenangkan dan meningkatkan aliran darah kardiovaskular, dan manfaat itu sampai ke bayi Bunda. Hormon Bunda juga akan lebih stabil selama kehamilan dengan berhubungan seks.

Nah, ada empat keadaan dan perubahan yang terjadi pada Bunda ketika berhubungan seks saat hamil. Perhatikan hal-hal berikut ini agar hubungan seks dapat dilakukan dengan aman ya Bunda.

Pijat hamilSeks saat hamil/ Foto: iStock

1. Mengalami orgasme yang lebih mudah

Saat hamil hormon sangat berpengaruh termasuk dalam berhubungan seks. Bunda biasanya akan lebih mudah mencapai orgasme ketika berhubungan seks saat hamil daripada sebelumnya.

“Beberapa wanita bahkan mengalami orgasme untuk pertama kalinya selama kehamilan karena aliran darah dan hormon,” kata Stephanie Buehler psikolog dan terapis seks di New York, Amerika Serikat dikutip dari laman Mayo Clinic.

Baca juga keuntungan seks yang lain di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Kalau Bunda mau tahu posisi seks yang aman saat hamil, klik video di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



 

BERHUBUNGAN SEKS SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!