sign up SIGN UP search


kehamilan

8 Penyebab Penebalan Dinding Rahim, Salah Satunya Kegemukan Nih Bun

Meita Fajriana Kamis, 07 Oct 2021 15:34 WIB
Young woman patient with a senior gynecologist during the consultation in the office caption

Jakarta - Bunda, pernah mendengar penebalan dinding rahim? Ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi di rahim, Bunda. Kondisi ini harus segera diatasi,  terutama bagi yang sedang merencanakan kehamilan.

Melansir dari laman Very Well Health, penebalan dinding rahim atau dikenal dengan Hiperplasia Endometrium adalah kelainan pada lapisan rahim atau Endometrium. Bunda mungkin mengalami gejala perdarahan uterus abnormal dalam kondisi ini, yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon. Pemeriksaan diagnostik dapat menunjukkan apakah Bunda memiliki sel atipikal, yang akan memandu jalannya pengobatan. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa seorang Bunda mengalami penebalan dinding rahim? Nah, simak gejalanya di bawah ini ya. Sehingga Bunda yang sedang merencanakan program kehamilan segera tahu cara mengatasinya.


Gejala penebalan dinding rahim

Gejala yang biasa dirasakan Bunda saat mengalami penebalan dinding rahim adalah terjadinya perdarahan yang tidak normal seperti berikut:

  1. Perdarahan menstruasi yang lebih banyak dari biasanya
  2. Perdarahan di antara periode menstruasi
  3. Perdarahan pasca menopause
Banner Pesan Novel Baswedan untuk IstriPesan Novel Baswedan untuk Istri/ Foto: HaiBunda/Mia

"Pendarahan rahim yang tidak normal adalah tanda paling umum bahwa Bunda mungkin mengalami Hiperplasia Endometrium, penting untuk menemui penyedia layanan kesehatan Bunda untuk mendiskusikan kemungkinan bahaya pada pendarahan Bunda dan memutuskan apakah pengujian dan evaluasi lebih lanjut diperlukan," kata Aniya Sadaty, M.D. dokter kandungan di North Shore University Hospital.

Siklus menstruasi Bunda terutama bergantung pada hormon estrogen dan progesteron. Estrogen membantu menumbuhkan sel-sel pada lapisan rahim. Ketika tidak ada kehamilan yang terjadi, penurunan kadar progesteron memberi tahu rahim untuk melepaskan lapisannya. Inilah yang membuat menstruasi Bunda dimulai dan siklusnya dimulai lagi. Ketika kedua hormon ini seimbang, semuanya berjalan lancar. 

At doctors appointment physician shows to patient shape of uterus with focus on hand with organ. Scene explaining patient causes and localization of diseases of uterus, pregnancy, reproductive systemIlustrasi penebalan dinding rahim/ Foto: iStock

Tetapi, jika Bunda memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit kedua hormon tersebut, akan menyebabkan ketidakseimbangan di dalam reproduksi wanita. Penyebab paling umum dari Hiperplasia Endometrium adalah memiliki terlalu banyak estrogen dan tidak cukup progesteron. Ini mengarah pada pertumbuhan sel yang berlebihan. 

Untuk lebih jelasnya, simak penyebab terjadinya penebalan dinding rahim di halaman selanjutnya!

Bunda, simak juga ya apakah alat KB bisa membuat rahim menjadi kering? Dapatkan jawabannya dengan klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
8 PENYEBAB PENEBALAN DINDING RAHIM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!