sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengalami Obesitas saat Hamil, Apakah Bunda Harus Diet?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 31 Oct 2021 07:00 WIB
ASUPAN NUTRISI PENTING UNTUK BUNDA HAMIL
Ibu hamil makan caption

Gizi lengkap dan seimbang dibutuhkan oleh Bunda selama hamil. Kandungan gizi ini meliputi markronutrien dan mikronutrien, Bunda.

Darrell menjelaskan, kebutuhan kalori tambahan pada kehamilan adalah 300 kkal per hari. Ini setara dengan satu kali makan camilan besar atau dua kali camilan kecil.

Banyak variasi makanan sehat yang bisa dikonsumsi selama hamil. Paling penting, Bunda menghindari makanan yang dibuat melalui pemrosesan tinggi, serta makanan mentah atau atau setengah matang.


"Sebenarnya tidak ada satu pun makanan khusus yang paling bagus atau superior dibandingkan yang lainnya. Dibutuhkan variasi jenis makanan untuk memenuhi kecukupan gizi," kata Darrell.

Perlu dicatat Bunda, sumber gizi utama Bunda hamil adalah makanan, bukan suplementasi vitamin. Pemberian suplementasi vitamin sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter. Ada beberapa suplementasi yang diresepkan dokter, misalnya zat besi, asam folat, dan vitamin D.

"Jadi harus dikomunikasikan dulu dengan dokter. Jangan lupa kalau vitamin itu tambahan, jadi diupayakan dulu dari pola makan sehat," ujar Darrell.

(ank/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!