sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan Minggu Ke-8: Bunda Tidak juga Merasakan Morning Sickness, Normalkah?

Nanie Wardhani Minggu, 21 Nov 2021 15:55 WIB
pregnant young woman Ilustrasi morning sickness/Foto: iStock

Jakarta -  Rasa mual atau morning sickess biasanya adalah tanda khas yang dialami selama kehamilan. Namun, bagaimana bila kondisi itu tak juga dirasakan hingga kehamilan memasuki usia 8?  

Padahal usia kehamilan 8 minggu adalah tahapan trimester pertama yang biasanya disertai dengan gejala morning sickness atau mual yang menyertai kehamilan dan terkadang menjadi gejala yang cukup mengganggu aktivitas Bunda jika tingkat mualnya cukup tinggi.


Bahkan ada beberapa Bunda yang karena mual dan muntahnya begitu sering dan parah sampai tubuhnya menjadi sangat lemas dan tidak bertenaga.

Tapi tahukah Bunda bahwa faktanya ternyata tidak semua Bunda hamil merasakan gejala mual sekalipun saat usia kehamilan 8 minggu, lho. Seperti pernyataan yang dikutip dari Modul Asuhan Kebidanan Kehamilan yang diterbitkan oleh Kemenkes, bahwa ternyata faktanya mual dan muntah atau morning sickness terjadi hanya pada 50 persen wanita hamil, Bunda.

Selain itu, dilansir dari Parents, ternyata kenyataannya hampir 30 persen Bunda hamil tidak mengalami mual atau morning sickness sedikit pun, kata Michele Hakakha MD FACOG, seorang obgyn di Beverly Hills dan penulis Expecting 411. "Dan itu pasti sesuatu yang membahagiakan," tambahnya. Bunda setuju, bukan?

Banner Ricky Soebagdja dan istriBanner Ricky Soebagdja dan istri/ Foto: HaiBunda/Mia

"Beberapa Bunda mungkin mengalami mual di pagi hari, dan beberapa mungkin tidak mengalaminya. Beberapa Bunda mengalami mual dan muntah dalam satu kehamilan dan tidak mengalaminya sama sekali pada kehamilan berikutnya," kata Marra Francis, MD, seorang obgyn di Woodlands, Texas, dan penulis kontribusi untuk Panduan Mommy MD.

"Tidak semua Bunda hamil mengalami mual dan muntah atau morning sickness, sama seperti tidak semua orang mengalami mabuk perjalanan saat bepergian," ujarnya.

Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa tidak mual saat hamil bukanlah masalah yang serius dan Bunda malah termasuk beruntung jika tidak merasakan mual selama kehamilan. Apalagi sampai mengganggu kegiatan Bunda.

Yuk, ketahui penyebab mengapa ada Bunda tidak mengalami morning sickness atau mual saat hamil pada halaman berikut ya.

Simak juga video tentang 7 tahap perkembangan tulang pada janin di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



 

 

 

 

 

 

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB TIDAK MENGALAMI MUAL SAAT HAMIL MUDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!