sign up SIGN UP search


kehamilan

Jessica Iskandar Umumkan Kehamilan, Disambut Suka Cita Kerabat dan Sahabat

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 15 Nov 2021 18:15 WIB
PERUBAHAN TUBUH SAAT HAMIL: SERING PUSING
Jessica Iskandar dan suami caption

4. Payudara terasa nyeri

Rasa nyeri di payudara itu wajar terjadi di awal kehamilan, bahkan beberapa Bunda merasakannya beberapa minggu sebelum dinyatakan positif hamil. Keluhan ini bisa menjadi tanda kehamilan yang paling jarang disadari wanita karena dianggap sebagai tanda menjelang menstruasi.

Selain nyeri, payudara akan terasa penuh dan membesar di trimester pertama. Penyebabnya adalah peningkatan hormon kehamilan yang menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan untuk mempersiapkan pemberian nutrisi di jaringan payudara sebagai persiapan menyusui.

"Dalam tiga bulan pertama kehamilan, puting susu dan daerah sekitarnya akan terlihat berwarna lebih gelap. Hal ini disebabkan adanya peningkatan persediaan darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, di daerah sekitar payudara akan tampak bayangan pembuluh-pembuluh vena di bawah kulit payudara," ujar Suririnah.


5. Pusing dan sakit kepala

Pusing di awal kehamilan dapat terjadi karena adanya peningkatan aliran darah ke tubuh ketika Bunda mengubah posisi secara tiba-tiba. Namun, keluhan ini juga bisa disebabkan karena gula darah rendah atau kurang cairan lho.

Sedangkan, sakit kepala umumnya terjadi karena perubahan hormon. Untuk meringankan dua keluhan ini, Bunda perlu memenuhi asupan cairan dan nutrisi dengan makan dalam porsi sedikit, tetap sering.

(ank/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!