sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 11 Minggu: Jari Tangan dan Kaki Si Kecil Mulai Jelas Terbentuk Bun

Meita Fajriana Kamis, 25 Nov 2021 14:42 WIB
Janin dalam kandungan Ilustrasi hasil USG/Foto: iStock

Jakarta- Saat menjalani kehamilan, Bunda tentu selalu memantau perkembangan janin dari minggu ke minggu. Pada minggu ke-11 ini, Si Kecil telah mengembangkan karakteristik manusianya Bunda, seperti jari tangan dan kaki.

Ukuran janin pun sudah mulai membesar Bunda diperkirakan sudah sebesar buah stroberi. Penasaran tentang perkembangan janin Bunda di usia kehamilan minggu ke-11? Yuk simak terus penjelasannya ya Bunda. 

Melansir dari laman WhattoExpect, pada kehamilan 11 minggu, beberapa Bunda masih merasa mual di pagi hari dan akan mulai mereda saat mendekati akhir trimester pertama nanti. Karena adanya rasa mual biasanya Bunda akan merasakan keengganan makan dan kembung pada beberapa waktu. 


Ukuran besar bayi pada kehamilan minggu ke-11

Pada kehamilan minggu ke-11 panjang janin Bunda telah bertambah lebih besar yaitu sekitar satu setengah inci dan beratnya sekitar seperempat ons. Bayi Bunda tumbuh lebih pesat pada kehamilan minggu ke-11 ini. 

Perkembangan jari tangan bayi, jari kaki, dan anggota tubuh lainnya

Folikel rambut sudah terbentuk tidak hanya di ubun-ubun, tetapi di seluruh tubuh janin. Kemudian tangan dan kaki mungil itu sudah memiliki jari tangan dan kaki masing-masing. Jadi tangan dan kaki sudah tidak seperti katak yang berselaput Bunda. 

Sementara itu, kuku jari tangan dan kuku kaki mulai berkembang minggu pada minggu ke-11 kehamilan ini dan dalam beberapa minggu ke depan. Kuku ini akan terus tumbuh sampai bayi lahir ke dunia Bunda. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan gunting kuku bayi ke daftar belanjaan saat mempersiapkan kelahiran Si Kecil ya Bunda.

Banner pola makan rumahan

Meskipun Bunda belum dapat mengetahui jenis kelamin bayi pada kehamilan minggu ke-11 ini, ovarium sedang berkembang pada janin perempuan. Dan pada minggu ke 11 kehamilan, bayi memiliki karakteristik manusia selain tangan dan kaki, yaitu telinga yang hampir dalam bentuk akhir, saluran hidung terbuka di ujung hidung mungilnya, lidah dan langit-langit mulut di area mulut, dan puting yang sudah terlihat.

"Semua organ bayi Anda terbentuk selama tahap embrio. Sekarang, pada tahap janin, sistem organ bayi Anda akan tumbuh dan matang hingga lahir, " kata Anita Sadaty, MD dokter kandungan di New York dikutip dari laman VeryWellFamily, Rabu (17/11). 

Untuk mengetahui perkembangan kepala dan wajahnya, klik halaman berikutnya ya Bunda. 

Simak juga video tentang 7 tahap perkembangan tulang pada janin selama kehamilan di bawah ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERTUMBUHAN JANIN DI KEHAMILAN MINGGU KE-11
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!