sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal Manfaat Prenatal Pilates untuk Kehamilan seperti Dilakukan Nikita Willy

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 30 Dec 2021 20:20 WIB
Nikita Willy melakukan senam hamil caption

Jakarta - Baru-baru ini, artis cantik Nikita Willy membagikan potret dirinya yang tengah menjaga kondisi kesehatan saat menjalani kehamilan dengan melakukan senam hamil atau yang dikenal dengan prenatal pilates bersama dengan sahabatnya.

Lalu, apa sajakah manfaat prenatal pilates dan bagaimana cara melakukannya agar janin tetap sehat dalam kandungan? Simak penjelasan lengkapnya yuk Bunda.

"Manfaat melakukan olahraga prenatal pilates, membantu meningkatkan stamina, dimana kita tahu bahwa persalinan apapun membutuhkan stamina," kata Jamilatus Sa’diyah, bidan, hypnobrthing & prenatal yoga practioner sekaligus instruktur senam hamil Nikita Willy, dikutip dari akun Instagram @jamilatus.sadiyah.


Prenatal pilates mempersiapkan Bunda untuk persalinan dan melahirkan, untuk pemulihan, meningkatkan kesehatan dasar panggul, dan membantu mencegah atau mengelola diastasis recti.

Lalu, bagaimana melakukan prenatal pilates di trimester pertama kehamilan? Simak berikut ini ya, Bunda.

Pilates di trimester pertama

Trimester pertama adalah awal dari perjalanan saat tubuh Bunda mulai bekerja keras secara internal dalam persiapan untuk bayi. Saat rahim Bunda mulai berkembang dan perubahan hormonal mulai, kelelahan, mual, atau keduanya biasanya terjadi.

Selain memperkuat dan mengondisikan seluruh tubuh, prenatal pilates dapat membantu mengimbangi beberapa masalah yang muncul selama kehamilan dengan cara aman dan lembut.

Misalnya, penguatan glute, ditekankan untuk mencegah masalah postur yang mungkin muncul karena beratnya benjolan Bunda yang sedang tumbuh. Napas yang diajarkan dalam pilates memberi oksigen dan memberi energi pada tubuh, sekaligus berfungsi sebagai alat untuk mengatasi naik turunnya emosi.

Apakah pilates aman selama trimester pertama?

Tentu saja, Bunda. Namun, trimester pertama bukanlah waktu untuk mendorong tubuh Bunda, dan juga bukan waktu untuk mencoba maju dalam latihan pilates Bunda.

Sebaliknya, fokusnya harus pada pondasi pilates Bunda, seperti pernapasan dan stabilisasi. Lakukan olahraga sebanyak atau sesedikit yang Bunda rasa nyaman untuk dilakukan.

Sangat penting untuk memperhatikan bagaimana perasaan Bunda, dan mulai menjadi lebih selaras dengan kebutuhan tubuh Bunda pada hari tertentu. Latihan pilates dapat dengan mudah disesuaikan untuk mengakomodasi tubuh prenatal dan perasaan ibu hamil dari hari ke hari.

Jenis latihan prenatal pilates di trimester pertama

1. Single leg press, ini akan melatih otot paha belakang dan stabilisator bahu Bunda saat Bunda bergerak dalam posisi berkaki empat ini.

2. Plank dengan angkat kaki, Bunda akan melatih seluruh tubuh Bunda dengan variasi plank ini. Menambahkan angkat kaki akan memberikan tantangan ekstra pada inti Bunda.

3. Single leg bridge, ini akan melatih paha belakang dan glutes Bunda saat membuka bagian depan tubuh Bunda.

4. Side bend, perkuat obliques Bunda dan tantang stabilitas Bunda dengan side bend ini.

Latihan matras prenatal pilates adalah cara lain yang aman dan efektif untuk berolahraga selama waktu ini. Jika Bunda mengalami kelelahan, Bunda dapat mengurangi kecepatan, tetapi tetap mendapatkan manfaat dari peningkatan kekuatan dan stabilitas inti.

Lalu, apa saja manfaat prenatal pilates yang lainnya? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Saksikan juga video tentang manfaat senam hamil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MANFAAT PRENATAL PILATES
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!