sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 28 Minggu: Bayi Sudah Bisa Berkedip dan Bermimpi Lho

Meita Fajriana   |   Haibunda Minggu, 02 Jan 2022 19:06 WIB
Healthcare, treatment. Young pregnant woman feeling sudden pain in her back. Future mom suffering from backpain. High quality photo Ilustrasi ibu hamil/Foto: Getty Images/iStockphoto

Jakarta - Minggu ini Bunda sudah memasuki trimester ketiga! Para ibu hamil dengan usia kehamilan 28 minggu ke atas biasanya akan mengalami kurang tidur nih. Jika Bunda terbangun di tengah malam, lakukan saja sesuatu yang membuat rileks ya.

Alih-alih melakukan pekerjaan yang berat, ada baiknya Bunda melakukan kegiatan yang ringan dan santai. Coba bacalah buku, minum teh chamomile, atau dengarkan musik yang menenangkan. Kemudian kembali ke tempat tidur dan cobalah untuk beristirahat ya Bunda.

Melansir dari laman What to Expect, pada kehamilan 28 minggu Bunda juga akan mengalami gejala dan keluhan kehamilan seperti sakit punggung dan linu panggul. Carilah posisi yang nyaman agar Bunda lebih mudah menjalani kehamilan di bulan ke-7 ini ya. 


Sementara itu, bayi Bunda semakin terampil dari hari ke hari dan pada kehamilan 28 minggu ini Si Kecil sudah dapat berkedip dan bahkan bermimpi. Berikut perkembangan bayi Bunda di kehamilan 28 minggu dilansir dari laman The Bump

1. Ukuran janin

Pada kehamilan 28 minggu, bayi sudah seukuran terong Bunda. Mengenakan lapisan lemak, bayi sekarang berukuran sekitar 14,8 inci dari kepala hingga kaki dan beratnya sekitar 2,2 pon Bunda. Si Kecil akan terus bertambah ukurannya dengan pesat dari minggu ke minggu menjelang kelahiran. 

2. Bayi sudah berada di posisi yang tepat untuk lahir

Bayi Bunda kini sudah berada di posisi yang tepat untuk lahir, yang akan menghadap ke bawah menuju jalan lahir untuk persiapannya ke luar dunia nyata saat lahir nantinya Bunda.

3. Bayi berkedip

Bayi sibuk berkedip pada kehamilan 28 minggu ini. Nantinya di luar kandungan atau di dunia nyata, berkedip diperlukan untuk membantu menjauhkan benda asing dari mata Si Kecil.

Keterampilan itu hanyalah salah satu dari kumpulan trik yang sudah mengesankan yang sedang dia kerjakan, seperti batuk, mengisap lebih intens, cegukan, dan, mungkin yang paling penting, pernapasan yang lebih baik Bunda. 

"Di minggu ini bayi sudah dapat melakukan banyak keterampilan, di antaranya berkedip, mengisap, mencicip, hingga cegukan. Sistem pernapasan bayi pun semakin sempurna untuk nantinya berada di dunia luar," kata Jennifer Wu dokter kandungan yang berbasis di Manhattan, New York yang dikutip dari laman What to Expect, Selasa (28/12). 

4. Bayi bermimpi

Pernahkah Bunda bermimpi tentang bayi Bunda di usia kehamilan 28 minggu? Bayi Bunda mungkin juga memimpikan Bunda lho. Aktivitas gelombang otak yang diukur pada janin yang sedang berkembang menunjukkan siklus tidur yang berbeda, termasuk fase gerakan mata yang cepat, yang merupakan tahap ketika mimpi terjadi.

Simak kelanjutannya di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang 7 tahap perkembangan tulang pada janin di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA DAN KELUHAN PADA KEHAMILAN 28 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!