sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 27 Minggu: Bunda Mulai Merasakan Si Kecil Cegukan

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 28 Dec 2021 16:26 WIB
Pensive pregnant woman dreaming about child. Young happy expectant thinking about her baby and enjoying her future life, copy space. Motherhood, pregnancy, happiness concept caption

Jakarta - Selamat datang di minggu terakhir trimester kedua Bunda. Memasuki trimester tiga berarti Bunda semakin dekat saja dengan momen melahirkan. Pada kehamilan 27 minggu ini bayi Bunda semakin menambah kemampuannya karena organ yang semakin sempurna.

Si Kecil dapat mendengar suara bahkan suara dari luar Bunda. Jadi pada minggu ini ajaklah Si Kecil berbicara ya Bunda. 

Jangan kaget jika Bunda tiba-tiba mulai merasakan gejolak lembut di perut Bunda yang sedang tumbuh. Si kecil mungkin saja sedang cegukan. Hal ini sebagai respon Si Kecil karena sudah bisa memberikan respons saat mencicipi makanan yang Bunda konsumsi. Seru bukan Bunda? 


Melansir dari halaman Healthline, pada kehamilan 27 minggu berat badan bayi Bunda akan mulai bertambah saat Bunda memasuki trimester akhir, dan tubuh Bunda juga akan merespons pertumbuhan ini dengan banyak perubahan. Apa saja pertumbuhan bayi dan tubuh Bunda di kehamilan 27 minggu ini? Berikut penjelasannya Bunda. 

1. Ukuran bayi

Pada kehamilan 27 minggu, bayi Bunda sekarang berukuran sekitar 14 setengah inci. Bobotnya juga naik sekitar 2 pon. Ini menjadi dua kali lipat dari berat Si Kecil empat minggu lalu Bunda. Sebagian besar bayi seusia ini, termasuk masih suka dalam posisi meringkuk di dalam rahim Bunda. Pada awal trimester ketiga, bayi Bunda akan terus tumbuh dan berkembang. 

Banner Teh Diet

2. Bayi mulai mencicip dan cegukan

Indera perasa bayi Bunda juga sangat berkembang sekarang, untuk persiapannya ketika lahir ke dunia nantinya. Jika Bunda makan makanan pedas, bayi akan bisa merasakan perbedaan cairan ketuban. Ingatlah bahwa Bunda akan memiliki waktu makan yang berbeda, biasanya akan lapar setiap 2 jam Bunda.

Beberapa bayi bahkan akan merespons tendangan pedas itu dengan cegukan. Dan meskipun cegukan, yang terasa seperti kejang perut bagi Bunda, mungkin tampak mengganggunya, tapi Si Kecil tidak stres sama sekali lho Bunda. Hanya salah satu sensasi yang perlu dibiasakan oleh bayi.

"Pada minggu ke 27, bayi terlihat seperti versi yang lebih kurus dan lebih kecil daripada yang akan terlihat ketika mereka lahir. Paru-paru dan sistem saraf bayi terus matang pada minggu ke-27. Ibu juga mulai merasakan bayi bergerak dalam beberapa minggu terakhir. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai melacak pergerakan tersebut. Jika Anda melihat penurunan gerakan kurang dari 6 hingga 10 gerakan per jam, hubungi dokter," kata Debra Rose Wilson dokter kandungan di Amerika Serikat dikutip dari laman What to Expect, Senin (27/12). 

Baca kelanjutannya di halaman berikutnya ya Bunda.

Saksikan juga video tentang fungsi air ketuban untuk janin di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERUBAHAN PADA TUBUH DI KEHAMILAN 27 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!