sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 29 Minggu: Sudah Saatnya Menghitung Gerakan Bayi Bun

Meita Fajriana   |   Haibunda Sabtu, 01 Jan 2022 07:00 WIB
Ilustrasi tanda melahirkan Ilustrasi kehamilan/Foto: Getty Images/iStockphoto/NataliaDeriabina

Jakarta - Kehamilan 29 minggu ini adalah saat yang tepat bagi Bunda untuk menghitung tendangan Si Kecil guna memastikan janin masih bergerak setiap harinya.

Bayi mungkin sudah memenuhi rahim Bunda dan ruangan yang tersisa tak lagi banyak, tetapi Bunda harus tetap merasakan dia menggeliat dan bergerak secara teratur. Jika Bunda merasa adanya perubahan frekuensi gerakan, pastikan untuk menghubungi dokter ya Bunda.

Selain itu pada minggu ini, janin sudah berada di posisi yang tepat untuk persiapan melahirkan nanti Bunda. Sementara itu, gejala yang Bunda rasakan di minggu ini, varises akan semakin terlihat dan kuku Bunda akan tumbuh lebih cepat daripada biasanya.


Penasaran seperti apa pertumbuhan Si Kecil di kehamilan 29 minggu ini? Yuk simak penjelasan berikut yang dilansir dari laman What to Expect

1. Ukuran janin

Pada kehamilan 29 minggu, berat bayi Bunda sekarang 2 hingga 3 pon dan panjangnya 15 hingga 16 inci. Meskipun bayi sudah hampir mencukupi panjang lahir, mereka akan masih bertambah tinggi sampai lahir nanti Bunda.

Sementara itu, selama 11 minggu ke depan, berat badannya akan naik lebih dari dua kali lipat atau bahkan hampir tiga kali lipat Bunda. 

2. Bayi bertambah gemuk dan kerutan berkurang

Karena lebih banyak lemak yang disimpan di bawah permukaan kulit, kulitnya yang keriput menjadi lebih halus di minggu ini dan seterusnya. Lemak putih ini berbeda dari lemak cokelat sebelumnya yang dikumpulkan oleh janin Bunda selama sedang berkembang.

Lemak coklat diperlukan untuk pengaturan suhu tubuh, sedangkan lemak putih yaitu jenis yang sama dengan yang Bunda miliki, berfungsi sebagai sumber energi yang dibutuhkan bayi saat ke luar ke dunia nantinya Bunda. 

Banner Denah Rumah Minimalis 3 Kamar

3. Gerakan janin dapat dihitung

Ruang di rahim Bunda semakin sempit karena Si Kecil yang semakin berkembang. Bunda akan merasakan tusukan dan gerakan yang sebagian berasal dari siku dan lutut bayi Bunda. 

Janin juga semakin sering bergerak sebagai respons mereka terhadap segala macam rangsangan mulai dari gerakan Bunda, suara, cahaya, dan makanan yang Bunda makan.

Sehingga ada baiknya Bunda menghitung gerakan janin sehari atau dua hari sekali, untuk memastikan janin baik-baik saja di dalam perut Bunda. 

"Pada minggu ini, bayi mulai kekurangan ruang di dalam perut Anda sehingga gerakannya akan sangat terasa. Itu berarti sekarang saat yang tepat untuk mulai melakukan hitungan tendangan sekali atau dua kali sehari, tergantung pada apa yang direkomendasikan dokter. Bonusnya, ini bisa jadi alasan yang bagus untuk istirahat sejenak," kata Jennifer Wu dokter kandungan di Manhattan, New York dikutip dari laman What to Expect, Kamis (30/12).

Klik halaman berikutnya untuk mengetahui penjelasan lain ya Bunda.

Simak pula video tentang 5 fungsi plasenta untuk perkembangan janin di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA YANG DIRASAKAN PADA KEHAMILAN 29 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!