sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

dr. Ilham Utama Surya, SpOG   |   Haibunda Kamis, 30 Dec 2021 20:17 WIB
Resep Ikan Kuwe Asam Pedas caption
Jakarta -

Bunda sedang hamil untuk pertama kalinya? Wah tentunya sangat antusias menyambut kelahiran Si Kecil ya.

Pada kehamilan pertama, biasanya para Bunda sedang banyak mencari informasi seputar tumbuh kembang janin. Tak hanya itu saja, banyak pula yang fokus pada makanan yang boleh diasup atau tidak selama kehamilan.

Apakah benar ada beberapa makanan yang dilarang selama hamil? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita ulas terlebih dahulu yuk kenapa kira-kira makanan tersebut tidak disarankan Bunda makan selama hamil.


Ada makanan yang dipercaya masyarakat banyak bisa menyebabkan keguguran seperti nanas, durian, hingga pepaya. Selain itu, ada juga makanan tinggi kandungan merkuri yang dikaitkan dengan menurunkan IQ janin.

Untuk membuktikan apakah hal itu fakta, atau hanya sekadar mitos belaka, berikut penjelasan makanan ibu hamil!

Daftar makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil

Simak ulasannya di bawah ini

1. Seafood tinggi merkuri

Resep Ikan Kembung Rica-ricaIlustrasi ikan bermerkuri dilarang untuk ibu hamil/ Foto: iStock

Makanan yang tinggi merkuri tentu saja berbahaya bagi janin, Bunda. Banyak penelitian membuktikkan bahwa ikan bermerkuri bisa menyebabkan kelainan pada bayi dan menurunkan IQ.

Bayi yang lahir karena terpapar merkuri bisa mengalami retardasi mental seperti autis. Sehingga pra dokter kandungan menyarankan agar selama kehamilan menghindari seafood yang dicurigai terpapar merkuri.

Selain ikan, makanan seafood lain yang perlu diwaspadai selama hamil adalah kerang. Makanan laut ini banyak mengandung merkuri dan bila dimakan ibu akan disimpan dalam tubuh atau tidak dibuang.

2. Processed food atau makanan olahan

Basket of Chicken Nuggets-Photographed on Hasselblad H3D2-39mb CameraIlustrasi makanan olahan yang dilarang untuk ibu hamil/ Foto: Getty Images/LauriPatterson

Ingat ya, Bunda, selama hamil tidak boleh terlalu sering konsumsi makanan yang mengandung tepung. Kebanyakan bahan makanan ini terkandung di dalam makanan olahan, seperti nugget.

Tepung mengandung gula dan bukan karbohidrat kompleks seperti yang dibutuhkan selama hamil. Lebih baik konsumsi makanan yang dibuat dari karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, sereal, atau nasi.

Selain makanan olahan, Bunda juga perlu waspada dengan makanan yang diawetkan. Makanan jenis ini memiliki kadar gizi yang lebih sedikit dibandingkan makanan yang segar. Lebih baik pilih makanan segar selama hamil, seperti sayuran yang dibuat capcay.

3. Alkohol

Minuman Bir Tanpa Alkohol, Halal atau Haram?Ilustrasi alkohol dilarang untuk ibu hamil/ Foto: iStock

Minum alkohol selama hamil sangat dilarang, Bunda. Sebab, alkohol bisa mengakibatkan gangguan hati pada Bunda dan dapat menimbulkan sindrom pada janin yang disebut fetal alcohol syndrome.

4. Produk olahan susu yang belum dipasteurisasi

Ahli Jelaskan Fakta Susu Full Cream Punya Manfaat SehatIlustrasi produk susu yang perlu dihindari ibu hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Keju dan susu belum dipasteurisasi tidak boleh dikonsumsi selama hamil karena masih mengandung kuman atau bakteri. Jadi makanan olahan susu ini harus disterilkan dulu sebelum dikonsumsi.

5. Teh

Dibuka Lowongan Pencicip Teh, Gajinya Rp 180 Ribu SejamIlustrasi teh yang sebaiknya dihindari bunda hamil/ Foto: Getty Images/CTRPhotos

Bunda sangat suka minum teh saat sebelum hamil? Jika kebiasaan tersebut masih berlanjut hingga sekarang, sebaiknya dikurangi ya.

Minum teh selama hamil sebenarnya diperbolehkan untuk mengganti cairan. Terutama bila Bunda mual saat minum air putih. Tapi, minum teh jangan bersamaan dengan konsumsi suplemen kehamilan.

Suplemen kehamilan ada yang mengandung besi. Penggunaan suplemen bersamaan dengan teh dapat menghambat penyerapan besi. Kalau Bunda ingin minum teh, paling tidak diberikan jarak minimal 2 jam setelah atau sebelum konsumsi suplemen.

Semoga informasi mengenai makanan yang sebaiknya dihindari Bunda hamil di atas membantu ya. Semoga Bunda selalu sehat hingga hari perkiraan lahir tiba.

(rap/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!