sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Menu Makanan Lezat yang Bisa Bantu Atasi Sembelit pada Ibu Hamil

Meita Fajriana   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 17:13 WIB
Pregnant redhead woman preparing healthy salad in bright kitchen Ilustrasi ibu hamil/Foto: iStock

JakartaSembelit atau konstipasi adalah gejala sangat umum yang dialami banyak wanita selama kehamilan. Beberapa wanita mengalami sembelit pada tahap awal kehamilan mereka, bahkan ada yang masih merasakannya hingga trimester dua dan tiga. 

Melansir dari laman Healthline, ada tiga tanda sembelit atau konstipasi pada ibu hamil, yaitu gerakan usus yang jarang saat, sakit perut, dan keluarnya feses yang keras.

Jika sedang hamil, Bunda biasanya akan mengalami tiga tanda konstipasi yang familiar ini. Perubahan hormonal, tekanan pada rahim, dan zat besi dalam vitamin prenatal adalah salah satu pencetusnya. 


"Selain buang air besar yang jarang, sembelit dapat menyebabkan kembung, ketidaknyamanan perut, dan tinja yang keras dan kering yang menyakitkan untuk dikeluarkan. Ini juga dapat menyebabkan perasaan bahwa tidak semua tinja telah keluar. Sembelit bisa sangat tidak nyaman selama kehamilan," kata Holly Ernst dokter kandungan di New York, Amerika Serikat dikutip dari laman Medical New Today, Selasa (11/1). 

Menurut laman Happy Family, makanan berserat tinggi, termasuk sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan kandungan cairan dalam tinja Bunda, membuatnya lebih lembut dan menambah massa.

Ini akan membantu tinja keluar lebih mudah selama kehamilan Bunda. Selain itu, buah plum dapat membantu mengatasi sembelit karena kandungan sorbitol yang tinggi, kandungan gula di dalamnya menarik cairan ke usus besar dan membantu buang air besar lebih lancar Bunda. 

Probiotik adalah bakteri yang dapat membantu meningkatkan kesehatan bila dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah yang tepat. Probiotik ini dapat ditemukan dalam makanan segar hingga fortifikasi seperti yogurt, sereal, dan suplemen tertentu.

Selama kehamilan, kebutuhan cairan Bunda sekitar delapan cangkir per hari. Minum dan makan makanan yang mengandung air akan membantu memenuhi asupan cairan Bunda karena makanan ini cenderung memiliki kandungan air yang tinggi.

Banner Tanaman Hias dengan HidroponikBanner Tanaman Hias dengan Hidroponik/ Foto: HaiBunda/Mia

Berikut rekomendasi makanan dengan  buah-buahan dan sayuran berserat tinggi yang dapat dijadikan obat sembelit pada ibu hamil. Bunda bisa modifikasi menunya sesuai selera ya, yang paling penting jangan lupa sertakan sayur dan buah dalam makanan Bunda setiap harinya.

1. Makan pagi

  1. Smoothie pisang dan stroberi dengan greek yogurt plain rendah lemak. 
  2. Yoghurt plain rendah lemak yang mengandung kultur aktif dengan sereal berserat tinggi, berry, dan biji rami giling. 
  3. Campuran salad buah dengan serpihan kelapa tanpa pemanis, almond cincang, dan biji chia. 
  4. Orak-arik telur dengan satu cangkir sayuran, pisang, dan roti gandum utuh berserat tinggi. 
  5. Puding chia dengan buah berry, kacang, dan santan.

Klik halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang 9 tanda Bunda hamil 2 bulan, salah satunya sembelit.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MENU MAKANAN UNTUK OBAT SEMBELIT PADA IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!