sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 33 Minggu: Bunda Mulai Sesak Napas dan Si Kecil Makin Sering Menendang

Meita Fajriana   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 19:11 WIB
Pretty pregnant woman suffering from acid reflux because of her pregnancy. Caucasian expectant mother touching her chest with a pained expression Ilustrasi ibu hamil/Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz

Jakarta - Memasuki usia kehamilan 33 minggu artinya Bunda sudah mendekati pertengahan trimester ketiga. Pada minggu ini, bayi Bunda telah mencapai panjang yang akan diukur saat lahir, tetapi ia pun masih akan menambah berat badannya sekitar 250 gram setiap minggunya.

Pertumbuhan yang cepat ini juga akan dirasakan tubuh Bunda, yaitu dalam bentuk tendangan yang lebih kencang dan sesak napas karena bayi yang sedang tumbuh menekan area di sekitar paru-paru Bunda.

"Di kehamilan 33 minggu ini, Bunda mungkin kehabisan napas karena diafragma dan paru-paru harus melawan rahim untuk mendapatkan ruang di perut," kata Andrea Chisholm dokter kandungan yang berbasis di New York, Amerika Serikat dikutip dari laman Verywell Family, Rabu (12/1). 


Melansir dari laman What to Expect, pada usia kehamilan 33 minggu, bayi Bunda juga akan menunjukkan keterampilan mengisap dan menelan mereka dan terus melatih gerakan otot pernapasan mereka sebagai persiapan untuk lahir ke dunia nantinya. 

Berikut perkembangan bayi di usia kehamilan 33 minggu yang perlu Bunda ketahui. 

1. Ukuran janin

Pada kehamilan 33 minggu, tinggi bayi lebih dari 17 inci atau berkisar 42,9 cm dari atas kepala hingga tumit. Minggu ini, berat bayi semakin bertambah berkisar 4 setengah pon atau sekitar 2.103 gram Bunda.

Beratnya masih akan bertambah sekitar setengah pon dalam seminggu. Pertambahan berat badan dapat berkisar dari sepertiga hingga dua kali lipat menjelang kelahirannya nanti.

Banner Tanaman Hias dengan HidroponikBanner Tanaman Hias dengan Hidroponik/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Tendangan bayi terasa lebih kencang

Dengan pertumbuhan bayi yang pesat di dalam rahim Bunda, tingkat cairan ketuban Bunda telah mencapai batas maksimal pada kehamilan 33 minggu, sehingga bayi akan memenuhi rahim Bunda dari cairan ketuban di minggu ini.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa beberapa pukulan dan tendangan Si Kecil terasa cukup tajam akhir-akhir ini Bunda. 

3. Sistem kekebalan janin berkembang

Kabar baik di kehamilan 33 minggu, bayi Bunda telah mencapai tonggak penting untuk kehidupannya setelah lahir nanti. Si Kecil kini memiliki sistem kekebalannya sendiri.

Antibodi diturunkan dari Bunda ke Si Kecil saat ia terus mengembangkan sistem kekebalan janinnya, yang akan berguna begitu ia berada di luar rahim untuk menangkis segala macam bakteri dan virus.

Klik halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang 7 cara mengejan yang benar saat bersalin di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA KEHAMILAN 33 MINGGU PADA TUBUH BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!