sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Tetap Tenang seperti Tasya Kamila bila Anak Tiba-tiba Kejang Demam

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 23 Feb 2022 20:26 WIB
Newborn cold. Mother holding thermometer and touching forehead of her sick baby, measuring temperature, panorama caption

Jakarta - Layaknya Bunda yang lain, artis Tasya Kamila juga harus berhadapan dengan beragam kondisi saat mengasuh putranya, Arrasya Wardhana Bachtiar. Termasuk saat Arrasya tiba-tiba mengalami kejang demam beberapa waktu lalu.

Alih-alih panik, Tasya mampu bertindak tenang bahkan masih bisa berbagi tips dengan para Bunda ketika menghadapi kondisi demikian. Apa saja tips dari Tasya bila menghadapi kondisi demikian? Simak yuk Bunda.

“Walaupun kata dokter, kejang demam yang dialami Arrasya itu terbukti ilmiah TIDAK ADA DAMPAK bagi masa depan dia, tetap bisa berulang sampai umur 5 tahun ketika demam,” tulis Tasya di laman Instagram-nya belum lama ini. 


Memang tidak mudah ya Bunda menahan kepanikan saat anak sakit. Apalagi jika itu adalah pengalaman pertama. Tapi, satu hal mudah yang sangat menolong memang berusaha untuk mengendalikan diri Bunda.

Sebab jika Bunda keburu panik, akan berdampak pada salah penanganan terhadap Si Kecil. Mengutip dari Mayoclinic, walaupun kejang dan demam tidak selalu berbahaya dan hanya berlangsung beberapa menit, biasanya tidak menunjukkan masalah kesehatan yang serius Bunda. 

Banner Pengantin Tanpa KakiBanner Pengantin Tanpa Kaki/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Pengertian kejang demam atau step

Melansir dari European Journal of Pediatrics, dijelaskan bahwa kejang demam merupakan bentuk paling umum dari kejang masa kanak-kanak yang mempengaruhi 2-5 persen anak di dunia, Bunda. Adapun reaksi kejang dipicu oleh demam, bukan kelainan di otak.

Meskipun relatif tidak membahayakan, kejang demam adalah pengalaman yang cukup membuat panik ya Bunda.

Ada dua jenis kejang demam yang perlu Bunda ketahui yakni demam kejang sederhana dan kejang demam kompleks. Keduanya dapat dipicu bakteri atau virus penyakit tertentu. Tidak diperlukan tingkat demam tertentu untuk mendiagnosis kejang demam ya Bunda.

Menariknya, melansir dari Mayoclinic, kejang demam bisa saja terjadi pada Si Kecil yang sehat, memiliki perkembangan normal, dan belum pernah mengalami gejala neurologis sebelumnya, Bunda. 

Untuk tahu gejala dan penyebab kejang demam, klik halaman selanjutnya yuk Bunda.

Tonton juga yuk video tentang 8 obat alami turunkan demam Si Kecil:

[Gambas:Video Haibunda]



GEJALA DAN PENYEBAB KEJANG DEMAM PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!