sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Makanan yang Perlu Dihindari Bumil saat Lebaran, Awas Berat Janin Kebesaran

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 30 Apr 2022 13:30 WIB
Ibu hamil muslim caption
Jakarta -

Bunda, bagaimana rasanya menjalankan puasa dalam kondisi hamil? Setelah sebulan penuh berpuasa, kini saatnya menyambut kemenangan dengan merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Namun ingat ya, tetap mengontrol kesehatan Bunda dan janin selama Lebaran. Jangan sampai terlena dan enggak mengontrol hidangan khas Lebaran seperti kue kering, es sirup, dan makanan bersantan lain seperti rendang atau opor ayam. Meski rasanya enak, jenis makanan tersebut perlu mendapat perhatian bila dikonsumsi Bunda yang lagi hamil alias Bumil nih.

Seperti kita tahu, Bumil membutuhkan asupan nutrisi yang tepat guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan optimal janin. Tak hanya itu, makanan sehat juga dibutuhkan untuk menghindari komplikasi kehamilan, seperti persalinan prematur atau berat janin berlebih.


"Makan dengan baik adalah salah satu hal penting yang dapat Anda lakukan selama kehamilan. Nutrisi yang baik membantu Anda menangani tuntutan ekstra pada tubuh saat hamil. Tujuannya untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi agar cukup guna menjaga berat badan dan mendukung pertumbuhan janin," tulis American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), dikutip dari laman resminya.

Banner Nikita Willy MelahirkanFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Inti dari pemenuhan nutrisi selama hamil adalah tidak makan berlebihan. ACOG Menjelaskan, Bumil yang hamil satu janin, membutuhkan tambahan 340 kalori per hari mulai dari trimester kedua dan sedikit lebih banyak di trimester ketiga.

Sementara itu, Bunda yang hamil anak kembar harus mengonsumsi sekitar 600 kalori ekstra dalam sehari, dan Bunda yang mengandung bayi kembar tiga harus mengonsumsi 900 kalori ekstra per hari.

Selain makanan, jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan. Usahakan untuk minum 8 hingga 12 gelas air sehari selama kehamilan ya, Bunda.

Nah, anjuran makan sehat ini juga berlaku selama Lebaran. Bumil tetap perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan memenuhi asupan cairan di Hari Raya Idul Fitri. Jangan lupa untuk menghindari beberapa jenis makanan yang tak sehat dan dapat memicu komplikasi kehamilan.

Lalu apa saja jenis makanan tersebut? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tanda dan pencegahan preeklampsia pada Bumil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MAKANAN YANG PERLU DIHINDARI BUMIL SAAT LEBARAN: ES SIRUP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!