sign up SIGN UP search


kehamilan

Bumil Ingin Mudik? Ketahui Syarat dan Batas Usia Kehamilan yang Aman Yuk

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 28 Apr 2022 20:55 WIB
TIPS MENEMPUH PERJALANAN MUDIK YANG NYAMAN
Ibu hamil muslim caption

Berikut tips menempuh perjalanan mudik yang nyaman untuk Bunda yang menjalani kehamilan melansir dari berbagai sumber:

1. Jalani dan ikuti protokol kesehatan

Tetap mawas diri ya Bunda karena virus COVID-19 masih ada dan bumil termasuk golongan yang berisiko bila terinfeksi virus tersebut. Untuk itu, selama perjalanan tetap menggunakan masker dan diganti setiap 4 jam sekali. Lalu selalu menjaga jarak dan memperhatikan kebersihan tangan dengan selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer ya Bunda. 

2. Pastikan Bunda menyiapkan berkas perjalanan yang dibutuhkan

Tiket pesawat, tiket kereta api atau tiket perjalanan dengan fasilitas umum sebaiknya Bunda siapkan di tempat tersendiri yang memudahkan untuk Bunda cek kapan saja sepanjang perjalanan yang Bunda tempuh ya. 


Jika Bunda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan juga dokumen penting kendaraan dan identitas pengemudi untuk keamanan perjalanan. 

3. Catat fasilitas layanan kesehatan yang akan Bunda lewati

Ini penting ya, Bunda. Sebab sekali pun berangkat dalam kondisi sehat walafiat, kondisi perjalanan dan jarak tempuh bisa menyebabkan Bunda hamil mengalami perubahan kondisi sewaktu-waktu. Akan lebih aman jika Bunda sudah mempunyai daftar fasilitas kesehatan yang bisa Bunda singgahi sesuai jalur tujuan mudik.

4. Gunakan sabuk pengaman dengan nyaman bagi Bunda dan janin

Bunda bisa memasangnya setinggi panggul di bawah pinggul Bunda ya. Jangan terlalu kencang untuk memastikan janin juga dalam posisi bergerak yang aman, Bunda. 

5. Pastikan Bunda terhidrasi dengan baik

Selain bekal minum yang cukup, Bunda bisa siapkan buah untuk dikonsumsi selama perjalanan. Bunda bisa mencamil alpukat, pisang, kiwi, jeruk, mangga, apel, dan tomat. Pastikan tercuci bersih dan tersimpan pada boks yang steril ya. 

6. Siasati waktu perjalanan

Jika Bunda masih mengalami mual muntah kehamilan, sebaiknya Bunda mengatur waktu perjalanan di luar jam mual muntah Bunda ya. 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!