sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Bahaya Jika Bumil Dehidrasi dalam Perjalanan Mudik, Awas Picu Mual!

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 29 Apr 2022 11:25 WIB
Ilustrasi ibu hamil naik mobil caption
Jakarta -

Bunda berencana untuk mudik Lebaran tahun ini? Bila sedang hamil, Bunda sebaiknya mempersiapkan dengan matang mudik agar kehamilan tetap sehat.

Salah satu persiapan mudik yang penting untuk Bumil adalah memenuhi asupan cairan. Hal ini berlaku bagi Bunda yang puasa dan tidak puasa Ramadan.

"Puasa bisa membuat asupan cairan berkurang dan memengaruhi ketuban. Bila Bunda memutuskan berpuasa selama kehamilan, maka harus berkomitmen untuk banyak minum. Setidaknya membuat target minum air minimal 2 liter antara waktu berbuka puasa sampai sahur," kata Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi di Eka Hospital Cibubur, dr. Alexander Mukti, Sp.OG kepada HaiBunda belum lama ini.


Sebagai pengingat, Bunda dapat minum air putih 3 sampai 4 gelas saat buka puasa. Takarannya, minum air mineral di waktu Isya, sebelum tidur, dan saat sahur.

Infografis Kondisi Ibu Hamil yang Sebaiknya Tidak PuasaKondisi Ibu Hamil yang Sebaiknya Tidak Puasa/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Tapi, itu semua hanya perkiraan pemenuhan cairan air mineral dari gelas ya. Bunda hamil dapat mengatur sendiri waktu konsumsi cairan hingga terpenuhi 2 liter dari waktu buka puasa hingga sahur.

"Asupan cairan sendiri tak harus minum air mineral. Bunda bisa mendapatkan cairan dari air kelapa, air sirup, atau buah-buahan yang dikonsumsi saat buka puasa dan sahur," ujar Alex.

Pemenuhan asupan cairan juga penting bagi Bunda yang memutuskan tidak puasa dan akan mudik. Selama melakukan perjalanan, jangan lupa untuk sering minum air mineral ya, Bunda.

Kakurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi. Cairan tersebut digunakan untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan.

Ada beberapa dampak buruk bila Bunda hamil kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Apa saja dampaknya?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga keutamaan puasa bagi Bumil dan Busui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BAHAYA DEHIDRASI PADA BUNDA HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!